2 Anggota OPM Menyerah Kepada TNI, Tulis Surat Kesetiaan Kepada Republik Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia

Dua anggota Organisasi Papua Merdeka Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB-OPM) menyerah kepada TNI AD di Markas Koramil 1804-07/Kambrauw, Kabupaten Kaimana, Papua Barat, Sabtu (2/4).

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) VXIII/Kasuari Kolonel Arm. Hendra Pesireron mengatakan dua anggota TPNPB-OPM itu adalah Natalis Watora (25) dan Engel Feneteruma (31).

“Keduanya menyerahkan secara sukarela di Mabes Koramil 1804-07/Kambrauw, Desa Sunua, Kecamatan Kambrauw, Kabupaten Kaimana,” kata Hendra.

Hendra mengatakan, proses penyerahan itu bersamaan dengan penyerahan barang, seperti 2 anak panah, 2 peluru senapan angin kaliber 3 mm, dan barang bukti lainnya.

Ia menjelaskan, penyerahan tersebut dilakukan setelah kedua pelaku kabur dari rombongan Jonair Waga bersama simpatisan yang hendak melakukan aksi di pertigaan masuk TPU, sekitar 200 meter sebelah barat Yonif 764/IB.

“Mereka kabur dari rombongan karena takut melakukan aksi dan merasa ditinggalkan, sehingga keduanya berniat kembali berjalan kaki menyusuri pinggiran hutan sepanjang jalan menuju Desa Tanggaromi,” kata Kapendam.

Dalam kesempatan itu, kedua anggota TPNPB-OPM tersebut memberikan pernyataan untuk kembali setia kepada NKRI dan mentaati hukum yang berlaku di Indonesia.

Sementara itu, Natalis mengajak warga Kampung Rauna lainnya untuk tidak terpengaruh dengan ajakan orang-orang yang tidak bertanggung jawab, terutama warga di luar Kaimana untuk melakukan tindakan anarkis dan kriminalitas.

“Saya berjanji tidak akan mengulangi apa yang telah kita lakukan dan selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mendukung segala bentuk kebijakan pemerintah Republik Indonesia,” ujarnya.

(Antara / fra)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Tabrakan Babinsa Meninggal di Maluku Diancam 6 Tahun Penjara