250 Ribu Pemudik Diprediksi Tinggalkan Bandung

Bandung, CNN Indonesia

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Ricky Gustiadi memperkirakan, pergerakan di seluruh Kota Bandung mencapai 250.000 orang baik pada arus mudik maupun arus balik Lebaran 2022 ini.

Selain memastikan armada mudik dalam kondisi siap dan layak, Dishub Kota Bandung pun bakal menyiagakan personel dan membuat posko monitoring dengan prediksi jumlah pemudik tersebut.

“Pelaksanaan monitoring dimulai pada 26 April 2022 atau H-7 Lebaran sampai 10 Mei 2022 atau H+7 Lebaran,” kata Ricky, Kamis (21/4).

Ricky mengaku pihaknya telah menyiapkan rencana Operasi Angkutan Lebaran 2022 atau 1443 Hijriah. Estimasi ketersediaan kursi angkutan setiap hari di Terminal Leuwipanjang sebanyak 17.755 kursi dengan tujuan arah barat seperti ke Pulau Sumatera, Banten, Jakarta, dan lain sebagainya.

Sementara untuk di Terminal Cicaheum, tersedia sekitar 7.800 kursi per hari, dengan tujuan ke arah timur, seperti Cilacap, Bali, Tasikmalaya dan lainnya.

“Dari jumlah tersebut kami memprediksi puncak arus mudik terjadi pada 29 dan 30 April. Sedangkan puncak arus balik pada 8 Mei 2022,” ucapnya.

Kepada penumpang yang akan mudik dengan menggunakan angkutan umum, pihaknya pun mengimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan, minimal menggunakan masker.

Terlebih saat ini ada aturan kapasitas penumpang bus boleh 100 persen, namun tidak diperbolehkan berbicara dan makan di dalam bus.

“Karenanya, bus akan berhenti setidaknya setiap delapan jam sekali, untuk istirahat dan makan,” ujarnya.

(hyg/isn)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Polri Uji Coba Skema Ganjil Genap Mudik di Tol Cikampek Hari Ini