3 dari 9 Pelaku Begal TNI di Kebayoran Baru Masih di Bawah Umur

Jakarta, CNN Indonesia

Tiga dari sembilan pelaku percobaan begal anggota TNI di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (7/5) lalu merupakan remaja tanggung yang masih di bawah umur.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan menyebutkan ketiga pelaku tersebut masing-masing berusia 15 (MAH), 16 (NB), dan 17 (FR) tahun.

“Para pelaku yang sudah ditetapkan tersangka dalam kasus ini ada sembilan orang. Dari sembilan, enam orang dewasa dan tiga di bawah umur,” kata Zulpan di Polres Jakarta Selatan, Selasa (10/5).

Zulpan merincikan para pelaku pembegalan antara lain yaitu MRH (20), MRM (19), RN (24), NB (16), FR (17), TP (21), MAH (15), AM (19), dan RM (19). Mereka disebut dalam pengaruh alkohol ketika menjalankan aksi.

“Jadi ada pengaruh minuman keras, setelah itu pelaku berkeliling menggunakan sepeda motor melewati lokasi melihat korban yang sedang pakai motor Mio Soul warna merah,” ujarnya.

Zulpan mengatakan setelah pelaku melihat korban dan menetapkannya sebagai target, mereka pun menghampiri korban dengan modus meminta rokok. Ketika itu, salah satu pelaku disebut melempar batu ke arah korban.

“Lalu ada satu pelaku lain melemparkan batu konblok tapi tidak mengenai korban,” ucapnya.

Korban yang merupakan anggota TNI pun lantas melakukan perlawanan dan menangkap salah satu pelaku. Pelaku bernama M Rizky itu pun diserahkan ke Polsek Kebayoran Baru.

Delapan pelaku lainnya baru berhasil ditangkap kepolisian pada Senin (9/5) kemarin.

Atas kejadian itu, kesembilan pelaku percobaan begal itu kini ditetapkan sebagai tersangka. Mereka dijerat Pasal 53 KUHP juncto Pasal 365 KUHP dengan ancaman pidana sembilan tahun penjara.

(blq/isn)

[Gambas:Video CNN]

Baca Juga :  Kronologis Ditemukannya Bom Gereja Purbayan Solo -Benda Serupa