572 Personel Gabungan Amankan Aksi May Day di Jakarta Hari Ini

Jakarta, CNN Indonesia

Kepolisian menyatakan bahwa 572 personel gabungan akan diterjunkan untuk mengamankan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada hari ini, Minggu (1/5).

“Personel yang dikerahkan 572,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E Zulpan, kepada wartawan, Sabtu (30/4).

Berdasarkan rencana, Partai Buruh dan sejumlah organisasi lainnya bakal memperingati May Day dengan menggelar aksi demo di depan Gedung KPU dan Bundaran HI.

Zulpan menuturkan, pihaknya telah menerima surat pemberitahuan terkait rencana aksi buruh ini. Merujuk pada surat pemberitahuan itu, aksi akan diikuti oleh 50 orang.

“Jumlahnya tidak terlalu banyak, kurang lebih 50 orang yang besok akan turun dalam rangka May Day,” ucap Zulpan.

Lebih lanjut, Zulpan menyampaikan bahwa Polda Metro Jaya siap mengamankan aksi demo guna memastikan situasi ibu kota tetap aman dan terkendali.

“Dipastikan seluruh wilayah hukum ibu kota Jakarta besok kita bisa kendalikan dengan baik. Dengan adanya May Day kami siap mengamankan termasuk juga kami mengamankan saat ini arus mudik masyarakat yang merayakan Lebaran tahun ini,” tuturnya.

Namun sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), menyatakan bahwa massa aksi diperkirakan mencapai 200 orang.

“Sekitar 200 orang di KPU jam 10. Massa aksi berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang,” ujar Said.

Sekitar 60 serikat pekerja diperkirakan bakal ikut aksi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu. Mereka menuntut KPU mengawal pelaksanaan pemilu tepat waktu pada 14 Februari 2024.

Aksi ini digelar di tengah isu penundaan pemilu yang sempat mencuat dalam satu bulan terakhir. Mereka juga menuntut pemilu dilakukan dengan prinsip jujur dan adil.

Baca Juga :  Jadwal Buka Puasa Hari Ini Jumat 15 April 2022

Setelah dari KPU, kata Said, aksi berlanjut ke sekitar Bundaran HI dengan membawa dua tuntutan. Pertama, meminta harga bahan pokok diturunkan serta menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Selanjutnya, kegiatan akan dilanjutkan dengan acara May Day Fiesta di Gedung Film Umar Ismail. Dalam acara tersebut, akan dilakukan pemberian anugerah pahlawan buruh nasional kepada Marsinah.

(dis/has)

[Gambas:Video CNN]