600 Gabungan Pasukan & Kontrol Air Canon Uji Coba Putusan Munarman

Jakarta, CNN Indonesia

Sebanyak 600 pasukan gabungan dikerahkan untuk mengamankan persidangan atas putusan kasus dugaan pidana tersebut terorisme Mantan Sekjen FPI, Munarman di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim).

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Budi Sartono mengatakan unit tersebut terdiri dari Polda Metro Jaya, Brimob, Polres Metro Jakarta Timur, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan TNI.

“Kami melakukan pengamanan dengan kekuatan 600 pasukan gabungan,” kata Budi saat ditemui awak media di kompleks PN Jaktim, Pondok Kopi, Jakarta Timur, Selasa (6/4).

Budi mengatakan, selain mengerahkan ratusan petugas, pihaknya juga mengerahkan sejumlah kendaraan taktis seperti kanon air. Polisi juga menghadirkan penghalang keamanan atau kawat berduri di sekitar pintu masuk PN Jaktim.

Budi mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih mengantisipasi gerakan massa yang mungkin akan datang ke persidangan Munarman.

“Meski sampai saat ini belum ada pergerakan, kami tetap mengantisipasi pengamanan, baik secara terbuka maupun tertutup,” kata Budi.

Munarman dijadwalkan menjalani sidang dengan vonis kasus dugaan terorisme.

Mantan sekretaris FPI itu dikabarkan menghadiri baiat ISIS dan Abu Bakar Al Baghdadi di UIN Syarif Hidayatullah Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Untuk itu Munarman didakwa melakukan persekongkolan, persiapan, percobaan, atau bantuan untuk melakukan aksi terorisme.

Jaksa menilai Munarman terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana. Munarman divonis 8 tahun penjara.

(iam/wis)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Pembunuhan Mahasiswa Kedokteran UB, Ayah Tiri Tercinta Ditangkap Polisi