Airlangga Estimasi Mudik dari Jabodetabek Capai 14 Juta Orang

Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto Memperkirakan jumlah penduduk yang akan pulang Idul Fitri dari Jabodetabek tahun ini mencapai 14 juta orang. Airlangga juga mengatakan, sebagian besar pemudik akan pergi ke Jawa Tengah.

“Dari Jabodetabek saja 14 juta orang dan tujuan mudik pertama adalah Jawa Tengah,” kata Airlangga dalam sambutannya pada acara buka puasa bersama di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (18/4).

Oleh karena itu, menurut Airlangga, mudik Lebaran berpotensi ditandai dengan kemacetan.

Dalam kesempatan itu, Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar mengatakan, warga diperbolehkan melaksanakan salat Idul Fitri dan halal bihalal.

Larangan halal bihalal hanya berlaku bagi pejabat. Airlangga juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Khusus untuk pejabat tetap tidak boleh open house dan halal bil halal, tapi untuk umum silahkan. Tapi tentunya kapasitas ruangan harus disesuaikan,” ujarnya.

Pada Kamis (14/4), Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap tidak ada lonjakan kasus Covid-19 pasca mudik Lebaran. Jokowi meminta masyarakat tetap disiplin dalam protokol kesehatan.

Jokowi mengatakan pemerintah mengizinkan masyarakat untuk pulang karena kasusnya miring. Ia tak mau mudik memicu penyebaran Covid-19 lagi.

“Jangan sampai mudik justru memicu munculnya gelombang baru Covid-19, apalagi arus mudik tahun ini akan sangat besar,” kata Jokowi dalam siaran pers yang diunggah di kanal Youtube Sekretariat Presiden.

(thr / tsa)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Kejati Papua Barat Tunggu Berkas Penambangan Emas Ilegal