Apdesi Surtawijaya Tidak Akan Deklarasikan ‘3 Periode Jokowi’ Setelah Lebaran

Jakarta, CNN Indonesia

Persatuan Pemerintah Desa Indonesia (ApdesiKubu Ketua Surtawijaya mengklaim pihaknya tidak berencana menggelar deklarasi ‘3 Periode Jokowi’ setelah Lebaran atau Idul Fitri tahun ini.

Hal itu disampaikan Surtawijaya menanggapi kelanjutan rencana pencanangan kepala desa pasca Idul Fitri saat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan para menteri untuk berhenti berbicara tentang perpanjangan masa jabatan dan menunda pemilihan.

“Di Apdesi Pusat belum ada yang seperti sekarang. Belum ada rencana deklarasi di Apdesi Pusat. [Jokowi 3 periode] setelah lebaran,” kata Surtawijaya kepada CNNIndonesia.comKamis (7/4).

Surtawijaya juga berpendapat bahwa Apdesi tidak pernah membicarakan perpanjangan masa jabatan presiden selama Apdesi Silatnas yang diadakan pada 29 Maret lalu. Dia beralasan, dukungan terhadap perpanjangan tiga periode presiden dilakukan oleh kepala desa yang mendukung wacana tersebut.

“Itu hanya semburan pribadi orang-orang di Silatnas setelah acara selesai. Jadi tidak ada yang seperti ini. [deklarasi dukung 3 periode]. Tidak ada cerita seperti itu,” katanya.

Namun, Surtawijaya belum bisa memastikan apakah pengurus Apdesi di daerah akan menggelar deklarasi Jokowi Periode 3 setelah Idul Fitri atau tidak. Ia hanya menyatakan, saat ini Apdesi Pusat sedang fokus mengurus berbagai persoalan di desa.

“Di pusat tidak ada cerita seperti itu. Kami tidak tahu daerah setelah lebaran. Hanya untuk pusat, tidak seperti itu,” katanya.

Pernyataan Surtawijaya kali ini berbeda saat berbicara di depan wartawan usai Apdesi Silatnas di Istora Senayan Jakarta pada 29 Maret lalu.

Saat itu, ia berencana mendeklarasikan dukungan kepada Presiden Joko Widodo selama 3 periode setelah Idul Fitri.

Surtawijaya bahkan mengatakan deklarasi akan dilakukan per daerah dari Sabang sampai Merauke. Gerakan deklarasi akan diawali dengan pemasangan spanduk pendukung Jokowi periode ke-3.

Baca Juga :  Megawati Video Call Jokowi pada Hari Pertama Lebaran

(rzr/anak)

[Gambas:Video CNN]