Arus Balik, 14 Ribu Kendaraan Menyeberang dari Bakauheni ke Merak

Lampung, CNN Indonesia

Puluhan ribu kendaraan arus balik pemudik dari berbagai daerah di Sumatera telah menyeberang menuju Pelabuhan Merak, Banten pada Kamis (5/5).

Berdasarkan data angkutan arus mudik lebaran PT ASDP Cabang Bakauheni, Lampung Selatan, dalam per 12 jam pada Kamis 08.00 WIB hingga 20.00 WIB, tercatat sebanyak 14.836 unit telah menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan menuju ke Pelabuhan Merak.

Dari ribuan kendaraan itu, rinciannya adalah kendaraan roda empat (pribadi) 8.107 unit, roda dua 6.394 unit, bus 114 unit dan kendaraan truk 221 unit.

Sedangkan untuk jumlah pemudik yang telah menyeberang ke Pelabuhan Merak tercatat 62.794 orang. Rinciannya, 6.691 pemudik pejalan kaki dan 56.103 dalam kendaraan.

Kemudian kapal yang dioperasikan melayani penyeberangan pemudik arus balik lebaran dalam per 12 jam tersebut, sebanyak 42 kapal dengan 64 trip penyeberangan.

Puncak arus balik telah diprediksi bakal terjadi pada 6-8 Mei.

Untuk mengurai potensi kepadatan pemudik saat arus balik menuju Pulau Jawa, telah difungsikan jalur alternatif penyeberangan Pelabuhan Panjang, Bandarlampung menuju ke Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten.

Selain itu, telah difungsikan juga jalur penyeberangan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) di Desa Bakauheni menuju ke Pelabuhan Bojonegoro, Banten.

(zai/fea)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Mahfud Tanggapi Panglima Andika Izinkan Keturunan PKI Masuk TNI