Arus Balik Mudik, Mobil-Motor Mulai Mengular di Pelabuhan Bakauheni

Jakarta, CNN Indonesia

Arus balik mudik lebaran hari keempat, antrean kendaraan roda dua dan roda empat (pribadi) mulai memadati Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Kamis (5/5).

Pantauan CNNIndonesia.com, antrean ribuan pemudik kendaraan roda dua kendaraan roda empat yang didominasi kendaraan pribadi memadati Pelabuhan Bakauheni di area parkiran dermaga 1, 2 dan 3 reguler hingga mengular sekitar pukul 11.00 WIB.

Ribuan kendaraan yang datang dari berbagai daerah di Sumatera ini, hendak menuju ke Pulau Jawa melalui penyeberangan Pelabuhan Bakauheni menuju ke Pelabuhan Merak, Banten.

Karena antrean kendaraan tersebut, tidak sedikit para pengemudi dan juga penumpang keluar dari dalam kendaraan sembari menunggu jadwal keberangkatan kapal yang akan mereka tumpangi di beberapa dermaga reguler Pelabuhan Bakauheni.

Jefri (43), pemudik kendaraan roda empat akan menuju ke Bekasi saat ditemui CNNIndonesia.com yang tengah mengantre di kantong parkir dermaga 1 reguler Pelabuhan Bakauheni mengatakan, dirinya sudah mengantre di area parkiran dermaga 1 ini sudah berlangsung satu jam.

“Saya dari Lampung Tengah mau ke Bekasi, sudah satu jam antre dan rencananya kendaraan naik kapal di dermaga 1,”kata dia.

Dikatakannya, sudah 15 tahun ia mengikuti perjalanan mudik setiap tahunnya, namun hanya dua tahun saja tidak mudik karena pandemi Covid-19 dan adanya larangan dari pemerintah untuk mudik.

“Setiap mudik dan pulang lagi saat arus balik lebaran, kalau saya itu pasti lebaran keempat sudah balik lagi soalnya takut kena macet saat dijalannya,” ucapnya.

Sementara pemudik kendaraan roda empat lainnya lainnya, Dian (32) mengatakan, sudah satu jam setengah ia terjebak macet dan mengantre di dermaga 3 reguler Pelabuhan Bakauheni.

“Ini kita masih nunggu, dari Jam 10.15 WIB saya antre di kantong parkir dermaga 3 ini dan sudah jam 11.30 WIB belum berangkat. Mudah-mudahan nggak lama dan cepat berangkat,” kata pria yang akan menuju ke Bandung ini kepada CNNIndonesia.com.

Menurut keterangan salah seorang petugas ASDP Bakauheni, antrean kendaraan roda dua dan roda empat pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Jawa di beberapa kantong parkir yang ada di dalam Pelabuhan ini, mulai ramai Kamis pagi tadi sekitar pukul 09.00 hingga sore ini pukul 15.00 WIB.

Baca Juga :  Istiqlal Gelar Salat Idulfitri Tingkat Kenegaraan Usai 2 Tahun Absen

“Dari pagi tadi hingga sore ini, ramai antrean kendaraan roda dua dan roda empat (pribadi),” ujarnya kepada CNNIndonesia.com saat ditemui dilokasi area parkiran.

Sebelum naik kapal, katanya, para pemudik ini diarahkan masuk ke kantong-kantong parkir dermaga 1, 2, 3 dan 4 reguler. Selain itu, ada juga kendaraan yang dialihkan ke dermaga 5 reguler.

“Kepadatan pemudik arus balik lebaran H+3 ini, diprediksikan bakal terjadi lagi malam nanti,” ungkapnya.

Pantauan terakhir CNNIndonesia.com pukul 14.25 WIB, kepadatan kendaraan dua dan roda empat arus balik lebaran H+3 yang sempat tertahan antrean 1-2 jam hingga mengular di Pelabuhan Bakauheni.

Terpantau ribuan kendaraan pemudik itu, mulai masuk dan naik kapal di dermaga reguler 1 (KMP HM Baruna 1), lalu dermaga 2 (KMP Neomi) dan dermaga 3 (KMP Nusa Mulia).

Selain itu, pemudik pejalan kaki dan dalam kendaraan, terpantau sudah mulai berdatangan di Pelabuhan Bakauheni. Lonjakan pemudik arus balik lebaran Idul Fitri 1443 H tahun 2022, diprediksikan akan terjadi pada H+6 hingga H+8 lebaran.

(zai/DAL)

[Gambas:Video CNN]