Bela Apdesi, Tito Klaim Silatnas Dukung Jokowi 3 Periode Bukan Politik

Jakarta, CNN Indonesia

menteri dalam negeri Tito Karnavian mengatakan Silatnas Kepala Desa bukan agenda politik meski diwarnai pernyataan dukungan kepada Presiden Jokowi m untuk melayani tiga istilah. Acara ini diprakarsai oleh Perhimpunan Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi).

“Tidak, itu salah. Saya ada di sana,” kata Tito di Hotel Grand Sahid, Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (1/4).

Tito menjelaskan, acara tersebut tidak diagendakan secara khusus untuk menggalang dukungan Jokowi selama tiga periode. Menurutnya, dukungan tersebut hanya disampaikan sesuai acara yang kemudian disambut dengan senyuman oleh Jokowi.

‚ÄúPada waktunya [Jokowi] mau keluar ke kendaraan, ada yang mau foto macam-macam, sembari di jalan mereka melayani foto, dan lain-lain. Ada yang teriak, Pak Jokowi selama 3 periode, Jokowi hanya tersenyum,” kata Tito.

Ia menegaskan, acara tersebut sama sekali tidak membahas politik dan murni tentang persoalan desa. Menurutnya, Jokowi sangat concern dengan berbagai permasalahan yang ada di lingkup desa.

“Saat datang ke sana, tidak ada bahasa politik apa pun, ini murni masalah desa yang Presiden perhatikan desa tidak main-main,” kata Tito.

Mantan Kapolri itu juga mengatakan, Apdesi telah melakukan audiensi di berbagai instansi sebelum acara Silatnas digelar. Termasuk penonton untuknya.

“Pertemuan itu lebih kepada rekan-rekan Apdesi (Persatuan Pemerintah Desa Seluruh Indonesia), mereka sudah lama mendengar saya di mana-mana, ke DPR juga,” kata Tito.

Mengutip situs apdesi.or.idApdesi memang sempat melakukan audiensi dengan Tito pada 8 Maret lalu. Saat itu, Jenderal Apdesi Arifin Abdul Majid datang menemui Tito.

Namun, Apdesi yang tempo hari menyatakan dukungannya terhadap tiga masa jabatan Presiden Jokowi adalah Sutarwijaya. Bukan Arifin Abdul Majid yang beraudiensi dengan Tito.

Baca Juga :  Kubu Apdesi Arifin Desak Polisi Selidiki Pelaku Dukung Jokowi 3 Periode

Sejauh ini, Apdesi yang dipimpin Arifin Abdul Majid meminta polisi memproses hukum terhadap pelaku pencatutan yang organisasinya mendukung Jokowi selama tiga periode.

(cfd/bmw)

[Gambas:Video CNN]