Bongkar Muat Kapal Lambat, Jalan Menuju Pelabuhan Merak Padat

Jakarta, CNN Indonesia

Jalan menuju Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, padat pemudik sejak Rabu (27/4) dini hari sampai siang ini. Salah satu penyebabnya, proses bongkar muat kapal lambat.

“Proses distribusi kelancaran untuk menuju Merak ada salah satu faktor penentu dan itu adalah proses bongkar terkait lama dan tidaknya di pelabuhan. Sementara ini satu jam,” kata Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Budi Mulyanto, di Gerbang Tol (GT) Merak, Kota Cilegon.

Pantauan CNNIndonesia.com, Jalan Cikuasa Atas dijadikan kantong parkir kendaraan yang akan masuk ke area pelabuhan. Polisi pun memberlakukan sistem buka-tutup jalan.

Kendaraan yang menuju Pelabuhan Merak digilir oleh polisi untuk masuk area pelabuhan.

Kepadatan di Pelabuhan Merak sudah mulai terjadi sejak kemarin malam. Hampir seluruh dermaga dipenuhi oleh kendaraan pribadi.

Kasat Lantas Polres Cilegon, AKP Yusuf Dwi Atmodjo, mengatakan, proses bongkar muat kapal dipercepat sehingga dapat mengurangi antrean kendaraan pemudik.

“Personel sudah terjun ke lapangan untuk melakukan pengaturan dan rekayasa lalu lintas. Jalan Cikuasa Atas kita jadikan kantong parkir untuk kendaraan menuju Pelabuhan Merak,” katanya.

Belum ada keterangan dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak terkait hal ini.

(ynd/tsa)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Gunung Anak Krakatau Naik Status Siaga Level 3