BPBD Cilacap Evakuasi Korban Longsor Akibat Stroke

Jakarta, CNN Indonesia

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Cilacap mengevakuasi korban longsor yang menderita stroke. Korban dievakuasi ke SDN 04 Kutabima, Desa Kutabima, Cilacap, Jawa Tengah pada Jumat (1/4).

Evakuasi dilakukan oleh tim gabungan yang dibantu oleh Bhabinkamtibmas, relawan, dan masyarakat sekitar. Upaya evakuasi dilakukan dengan menggunakan tandu darurat dan membawa korban keluar dari lapangan longsor dengan berjalan kaki.

Proses evakuasi dilakukan dengan hati-hati, karena perjalanan dari lokasi kejadian menuju lokasi evakuasi licin dan tertutup lumpur bercampur air.

Berdasarkan informasi resmi yang diterima CNNIndonesia.com Sabtu (2/4), kondisi ini membuat beberapa anggota tim nyaris terjatuh karena kehilangan keseimbangan.

Sejauh ini, 92 orang mengungsi di SDN 04 Kutabima akibat longsor. Namun, banyak warga lebih memilih tinggal di rumah bersama kerabat.

Tim gabungan juga mendirikan dapur lapangan di rumah warga yang lokasinya tak jauh dari tempat pengungsian. Selain itu, bantuan logistik berupa sembako juga diberikan kepada warga terdampak.

Sebelumnya, longsor terjadi di Desa Kutabima akibat hujan deras selama lima jam pada Kamis (31/3). Akibatnya, 71 rumah dengan 213 warga terdampak bencana.

BPBD Kabupaten Cilacap akan memprioritaskan keselamatan warga sebagai prioritas dalam menghadapi bencana alam tersebut.

Selain itu, tim percepatan penanganan longsor juga akan membersihkan material longsor yang menghalangi akses jalan antar desa menggunakan alat seadanya dan alat berat seperti ekskavator.

(goreng / kris)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  215 Warga Terkena Longsor Cilacap