Waspada Banjir di Pesisir Jakarta 15 hingga 19 Mei 2022

Jakarta, CNN Indonesia

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperingatkan masyarakat akan potensi banjir pesisir Jakarta pada Minggu (15/5) hingga Kamis (19/5).

“Berdasarkan adanya informasi fase bulan purnama menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (ROB),” tulis BPBD dalam akun Twitter resmi @BPBDJakarta, Minggu (15/5).

Fase Bulan purnama yang terjadi pada periode waktu tersebut juga disertai dengan fenomena perigee atau ketika Bulan berada pada jarak terdekat ke Bumi.

Beberapa wilayah pesisir Jakarta yang berpotensi mengalami banjir pesisir atau banjir rob adalah wilayah Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan wilayah Kepulauan Seribu.

Menurut BPBD, pasang air laut maksimum akan terjadi pada pukul 21.00-24.00 selama periode tersebut.

Oleh karenanya, masyarakat diimbau untuk melakukan pemantauan peringatan dini gelombang pasang di laman resmi BPBD Jakarta. Selain itu, dalam kondisi darurat masyarakat juga dapat menghubungi nomor 112.

Selain peringatan banjir pesisir, BPBD DKI Jakarta juga mengeluarkan peringatan dini cuaca wilayah Jabodetabek untuk Minggu (15/5) sore hingga malam.

“Masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang,” kata BPBD dalam akun Twitternya.

Peringatan cuaca tersebut berlaku dari pukul 16.50 WIB hingga pukul 19.50 WIB.

Sebelumnya, sejumlah wilayah DKI Jakarta dilaporkan mengalami hujan lebat disertai angin kencang. Cuaca tersebut bahkan menyebabkan beberapa pohon tumbang di wilayah Cilandak, Jakarta Selatan.

(lmy/DAL)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Sebuah anomali terjadi dari bencana banjir di Indonesia sepanjang Maret 2022