Kesalahan Situs & Tip Akses Halus

Jakarta, CNN Indonesia

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah membuka pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022 mulai 23 Maret hingga 15 April mendatang.

Berbagai perasaan terekam dari sejumlah calon peserta UTBK-SBMPTN, baik yang berhasil mendaftar dengan cepat maupun yang mengalami kesulitan.

Salah satu yang sempat mengalami kesulitan adalah Nadhira Wardani. Saat dimintai keterangan, dia mengaku laman LTMPT terus error sehingga sulit untuk mendaftar UTBK-SBMPTN selama ini.

Nadhira telah mencoba semua cara yang disarankan di media sosial. Mulai dari akses di beberapa perangkat hingga akses di jam sepi seperti subuh.

Ia mengaku khawatir meski pendaftaran masih dibuka hingga 15 April mendatang.

“Saya sangat khawatir tidak bisa mendaftar karena menurut saya H-10 baru saja melakukan kesalahan, terutama saat ingin menutup pendaftaran,” kata Nadhira saat dihubungi. CNNIndonesia.comSelasa (5/4).

Keluhan yang sama datang dari Anastasia. Saat dimintai bicara, Selasa, mahasiswa pascasarjana 2022 itu mengaku sudah puluhan kali mencoba mengakses laman pendaftaran sejak sekitar pukul 02.00 WIB.

Anastasia mengatakan telah mencoba berbagai cara untuk mendaftar, yaitu membukanya melalui mode desktop Chrome dan berhasil masuk ke akun. Namun, pendaftaran UTBK terus mengalami kesalahan.

“Sudah menggunakan WiFi saya pikir sinyal saya adalah lambat eh ternyata nggak bisa,” kata Anastasia.

Anastasia mengaku kesulitan mendaftar membuatnya khawatir dan tak bisa tenang.

“Khawatir, tidak bisa tenang. Maksudnya kalau sudah daftar, kamu bisa fokus belajar… jadi tidak turun jadi,” tambahnya.

Pendaftar lainnya, Mya Indrawati, juga mengalami kesulitan. Mya sudah sampai pada tahap kelima yaitu pembayaran.

“Kadang-kadang bug situs web bisa memakan waktu hingga beberapa jam,” kata Mya.

Meski sudah melakukan pembayaran, ia belum bisa mencetak kartu sebagai kelengkapan pendaftaran UTBK-SBMPTN karena masih Memuat.

Daftar di Jam Rendah

Meski banyak mengalami kesulitan, Merlin mengaku tidak mengalami kesulitan saat mendaftar UTBK-SBMPTN.

Baca Juga :  Rapat Pemerintah Bahas Penyesuaian Cuti Bersama Idul Fitri 2022

“Saya berhasil daftar tanggal 3 April. Tapi tanggal 2 April saya buka web lancar banget Kak, tidak ada masalah,” kata Merlin saat dihubungi.

Merlin menjelaskan bahwa dia tidak tahu mengapa server web LTMPT selalu down. Dia mengira hal itu terjadi karena banyaknya orang yang mengakses halaman tersebut.

Jadi saran saya masuklah pada jam-jam sibuk, mungkin jam-jam seperti larut malam, antara jam 4 sore – 6 sore atau dini hari antara jam 4 pagi – 6 pagi, dan yang paling penting jaringan juga berpengaruh, coba ketika Anda masuk ke server kami berada di jaringan yang stabil, “jelas Merlin.

LTMPT dalam unggahan akun Instagram resminya menyatakan bahwa masa pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022 berlangsung hingga 15 April 2022.

“Periode Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022 berlangsung hingga 15 April 2022. Pastikan Isian SEMUA DATA sudah benar dan segera daftarkan diri menggunakan akun LTMPT yang sudah tersimpan permanen,” tulis panitia.

Sedangkan jika masih terdapat kendala dalam proses pendaftaran, calon pendaftar dapat segera melakukan pemesanan tiket di Helpdesk LTMPT halo.ltmpt.ac.id atau menghubungi Call Center LTMPT 0804 1 450 450.

Informasi lengkap tentang PMB PTN 2022 dapat diakses langsung melalui laman Itmpt.ac.id dan media sosial @ltmptofficial.

(pop/anak)

[Gambas:Video CNN]