DPR dan Pemerintah Putuskan Nasib Anggaran Pemilu 2024 pada 12 April

Jakarta, CNN Indonesia

DPR, Pemerintah, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengadakan rapat opini (RDP) untuk mengkonfirmasi perkiraan Pemilu 2024 pada Selasa (12/4).

Wakil Ketua Komisi II DPR, Saan Mustopa, mengatakan pertemuan itu akan membahas rancangan Peraturan KPU tentang Tahapan, Jadwal dan Program. Anggaran pemilu juga masuk dalam pembahasan.

“Sekaligus anggaran. Ini melanjutkan pembahasan yang sudah dibahas sebelumnya juga. Bisa juga langsung disepakati,” kata Saan melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.comSabtu (9/4).

Dalam salinan undangan RDP yang dikukuhkan Saan, rapat digelar di Ruang Sidang Komisi II Gedung Nusantara, DPR RI, Jakarta. Rapat akan dimulai pukul 13.00 WIB.

Wakil Ketua Komisi II DPR Luqman Hakim mengatakan, rapat tersebut akan dihadiri oleh para komisioner KPU yang baru. Dia mengatakan Presiden Jokowi akan melantik tujuh komisioner KPU periode 2022-2027 sehari sebelum rapat pemilihan.

“Tentu seluruh kegiatan KPU-Bawaslu RI setelah 11 April 2022 akan dilakukan oleh komisioner yang dilantik pada 11 April 2022,” kata Luqman kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (9/4).

Anggaran Pilkada 2024 menjadi tanda tanya setelah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin melontarkan wacana penundaan pilkada. Pemerintah dan DPR berulang kali menunda pengesahan anggaran pemilu.

Ketua KPU Ilham Saputra sempat mengusulkan agar rapat pengesahan anggaran pemilu segera dilakukan. Namun, Ketua DPR Puan Maharani menegaskan pembahasan anggaran pemilu dilakukan usai pelantikan komisioner KPU yang baru.




Infografis – Anggaran Membengkak di Pemilu 2024. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)

(dhf/pmg)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Sopir Pengganti, Tak Punya SIM