Era Andika Perkasa, Tiga Danjen Kopassus Berganti dalam 4 Bulan

Jakarta, CNN Indonesia

Danjen Kopassus yang bertugas kembali dirotasi. Brigadir Jenderal Iwan Setiawan kini didapuk menggantikan Mayjen Widi Prasetijono.

Kabar pergantian jabatan nomor satu di Korps Baret Merah itu ditegaskan Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat Brigjen Tatang Subarna, Selasa (29/3).

“Mengenai mutasi Pati (Perwira Tinggi) di lingkungan TNI, termasuk Danjen Kopassus, itu benar,” kata Tatang saat dikonfirmasi.

Serah terima jabatan belum dilakukan di lingkungan prajurit TNI AD. Menariknya, tercatat posisi Danjen Kopassus telah tiga kali berganti tongkat estafet selama masa jabatan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Perubahan itu dilakukan hanya dalam empat bulan terakhir

Pertama, Mayjen Muhammad Hasan digantikan Mayjen Teguh Muji Angkasa pada November 2021. Saat itu, Andika baru saja diangkat sebagai Panglima TNI.

Rotasi tersebut berdasarkan Surat Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/1029/XI/2021 tentang Pemberhentian dan/atau Pengangkatan Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Surat itu ditetapkan pada Rabu (17/33).

Namun tongkat estafet yang dipegang Mayjen Teguh tidak bertahan lama. Pada akhir Januari, posisi itu kembali digeser ke Brigjen Widi Prasetijono.

Dia dipromosikan ke pekerjaan umum bintang dua. Penggantian Danjen Kopassus itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/66/I/2022 yang ditandatangani Andika, Jumat (21/1).

Kemudian, penempatan Mayjen Widi sebagai Danjen Kopassus hanya berlangsung sekitar dua bulan. Saat ini, posisi tersebut telah digantikan oleh Brigjen Iwan Setiawan.

Iwan adalah seorang perwira militer tahun 1992. Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat pada 16 Februari 1968 ini menjabat sebagai Danyon 22 dari Kopassus Grup 2 tahun 2008. Jabatannya kebanyakan di Baret Merah.

Sebelum diangkat sebagai Danjen Kopassus, Iwan menjabat sebagai Asisten Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Bidang Kerjasama Militer (Waaslat Kasad Bid Kermamil).

Baca Juga :  PAN Ancam Laporkan Balik Ade Armando Terkait Pencemaran Nama Baik

Ia merupakan satu dari tiga prajurit Kopassus yang berhasil mengibarkan Bendera Merah Putih di puncak Everest pada 26 April 1997. Ekspedisi Everest dipimpin oleh Prabowo Subianto yang kala itu Danjen Kopassus.

(mjo/wis)

[Gambas:Video CNN]