Mentor Fakarich Indra Kenz Diancam dengan 20 Tahun Penjara

Jakarta, CNN Indonesia

Bareskrim Polri menggunakan pasal berlapis untuk menjerat mentor Indra Kenz, Fakar Suhartami Pratama alias Fakarich, sebagai tersangka dalam kasus dugaan penipuan investasi binary option melalui aplikasi Binomo.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan mengatakan, Fakarich diancam dengan pidana penjara paling lama 20 tahun.

“Hukumannya paling lama 20 (dua puluh) tahun dan denda paling banyak Rp10.000.000.000,00,” kata Whisnu kepada wartawan, Selasa (5/4).

Ancaman pidana penjara merupakan buntut dari kasus dugaan pencucian uang (TPPU) yang dijerat Fakarich.

Sedangkan Fakarich disangkakan Pasal 45A ayat (1) jo Pasal 28 ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Pasal tersebut melarang siapa pun menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen.

Kemudian, penyidik ​​juga menyematkan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Terakhir, polisi juga menggunakan Pasal 378 KUHP untuk menjebak Fakarich. Artikel tersebut membahas tuduhan penipuan yang dilakukan sendiri dengan melawan hukum dengan menggunakan nama palsu.

Fakarich saat ini berada dalam tahanan polisi selama 20 hari pertama. Ia ditempatkan di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Polri.

Fakarich absen pada panggilan pertama pada Senin (21/3). Kemudian, panggilan kedua pada Kamis (31/4) juga tidak dihadiri.

(mjs / ugo)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  DPRD DKI Jakarta Bakal Bentuk Pansus Terkait Perpindahan Ibu Kota