Ganjar Tak Mau Kepedean soal Sinyal Dukungan Jokowi di Pilpres 2024

Jakarta, CNN Indonesia

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak mau terlalu percaya diri (pede) terhadap sinyal dukungan Presiden Joko Widodo untuk pencapresan Pilpres 2024.

Ganjar tidak mau salah menyimpulkan pernyataan Jokowi pada Rapat Kerja Nasional (rakernas) V Projo di Jawa Tengah pada akhir pekan lalu. Dia menilai Jokowi hanya mengingatkan agar relawan tak terburu-buru menentukan dukungan.

Ojo kesusu (Jangan terburu-buru). Nyebut sopo? ora nyebut aku, kok. GR, jangan GR. Beliau kan hanya ceritanya begitu saja. Jangan GR, gitu aja GR,” ungkap Ganjar usai melantik penjabat wali kota dan bupati empat daerah di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Minggu (22/5).

Pernyataan serupa juga disampaikan Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi. Ia menyatakan Projo tak akan terburu-buru menentukan dukungan kepada capres.

Budi menyampaikan Projo memang memiliki hubungan dekat dengan Ganjar. Mereka sama-sama bekerja dalam memenangkan Jokowi di Jawa Tengah pada Pilpres 2014 dan Pilpres 2019.

Meski demikian, Budi memastikan pihaknya manut perintah Jokowi. Mereka akan taat untuk tidak terburu-buru mengarahkan dukungan.

“Kalau Pak jokowi bilang ojo kesusu, siap, Pak. Projo akan menentukan capres siapa yang kita dukung pas dapat perintah dari Pak Jokowi,” ucap Budi dalam wawancara dengan CNN Indonesia TV akhir pekan ini.

Sebelumnya, Jokowi meminta kelompok relawan Projo untuk tidak terburu-buru menentukan dukungan terhadap capres 2024. Jokowi berkata semua pihak harus fokus bekerja menyelesaikan berbagai persoalan yang diakibatkan ketidakpastian global.

“Kita harus fokus dan bekerja menyelesaikan persoalan itu tadi. Urusan politik ojo kesusu, sik, jangan tergesa-gesa,” ucap Jokowi pada Rakernas V Projo di lokasi, Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Ngargogondo, Megelang, Sabtu (21/5).

Baca Juga :  Elite Golkar Respons Isu Kudeta Airlangga Lewat Munaslub

“Meskipun… meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini,” ucap Jokowi melanjutkan.

Relawan yang hadir pun meneriaki nama Ganjar. Jokowi membalas dengan mengulang pernyataan yang baru ia sampaikan.

“Ini mau tergesa-gesa kelihatannya. Sekali lagi, persoalan-persoalan ini harus diselesaikan dulu baru kita masuk ke yang namanya keputusan yang saya akan dengar dari bapak-ibu semuanya. Saya akan ajak bicara. Sekali lagi, jangan tergesa-gesa,” tuturnya.

Baca Berita Selengkapnya di sini.

(dhf/ugo)

[Gambas:Video CNN]