Saya Bersaksi Tsamara Bukan Kadrun

Jakarta, CNN Indonesia

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie angkat suara ihwal sejumlah tudingan terhadap mantan koleganya di PSI, Tsamara Amany yang disebut sebagai kadrun dan sempat ramai di media sosial.

Grace menegaskan bahwa Tsamara bukan kadrun seperti banyak ditudingkan warganet. Kadrun kerap diasosiasikan sebagai kelompok masyarakat yang berseberangan dengan pemerintah dan pro-terhadap intoleransi.

“Kalau kadrun itu tentang keyakinan atau nilai-nilai seseorang, yang mengingkari pluralisme dan Bineka Tunggal Ika. Tsamara bukan kadrun. Saya bersaksi Tsamara bukan kadrun,” kata dia kepada CNNIndonesia.com, Kamis (28/4).

Grace mengaku telah mengenal Tsamara sejak bergabung dengan PSI sekitar enam tahun terakhir. Dia mengaku memiliki kedekatan dengan Tsamara dan menganggapnya sebagai saudara karena sering melakukan kegiatan bersama.

Sebagai orang dekat, Grace mengatakan, Tsamara bukan orang yang mudah dipengaruhi, baik oleh suami, orang tua, apalagi hanya kerabat. Menurut dia, Tsamara adalah orang yang memiliki posisi keberpihakan yang jelas terhadap isu perempuan dan intoleransi.

Dia membantah semua tudingan yang menyebut Tsamara kini berubah pandangan politik dan keberpihakan usai keluar dari PSI. Termasuk tudingan yang menyebut Tsamara dipengaruhi suaminya.

“Jadi saya yakin Tsamara itu kalau dikatakan, di luaran dipengaruhi suaminya. Wah nggak semudah itu orang bisa memengaruhi Tsamara,” kata mantan Ketua Umum PSI itu.

“Jadi, Tsamara yg saya yakin dengan nilai dan idealismenya dia, dengan keberpihakannya pada minoritas dan perempuan tidak akan semudah itu disetir,” tambah Grace.

Tsamara Amany sebelumnya dituding lewat berbagai komentar oleh warganet di media sosial setelah dirinya memutuskan keluar PSI. Ia disebut “kadrun” hingga “antek Yaman”. Warganet juga menuding Tsamara telah dipengaruhi oleh suaminya yang sempat memuji Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca Juga :  Arus Balik Mudik, 79 Ribu Penumpang Tiba di Bandara Soetta Hari Ini

PSI diketahui sebagai partai oposisi di DPRD yang kerap mengkritik kebijakan Anies. Karenanya, posisi suami Tsamara dikaitkan dengan keputusannya keluar dari PSI.

(thr/ain)

[Gambas:Video CNN]