Pastikan Kebersihan Makan dan Minum

Jakarta, CNN Indonesia

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengimbau masyarakat agar memastikan kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk mencegah penularan hepatitis misterius yang menyebabkan tiga anak di DKI Jakarta meninggal dunia.

Ketua Unit Kerja Koordinasi Gastro-Hepatologi IDAI Muzal Kadim mengatakan sebaiknya masyarakat menghindari membeli makanan dan minuman dari luar.

“Dihindari barangkali makan-makan di luar, jajan-jajan di luar. Terutama tempat yang kita meragukan kebersihannya. Memang kalau untuk anak itu kita menyiapkan sendiri, terutama pada bayi, makanan sebaiknya disiapkan oleh ibunya,” kata Muzal dalam konferensi pers daring, Sabtu (7/5).

Muzal mengatakan, jika ingin membeli makanan dari luar, mesti dipastikan makanan terjamin higienis. Sementara itu, untuk minuman, harus dipastikan air betul-betul matang.

“Mungkin makanan-makanan tertentu yang sudah siap, yang memang sudah dijual dalam bentuk bersih, terpercaya. Kan ada makanan-makanan jadi bukan makanan-makanan yang disiapkan dari warung, restoran yang kita tidak yakin kebersihannya,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Muzal, alat makan dan tangan harus bersih ketika makan. Ia mengatakan, jangan menggunakan alat makan milik orang lain.

“Kita sendiri dalam penyiapannya cuci tangan, kemudian sendok jangan bergabung dengan yang lain. Alat-alat makan juga bisa menularkan. Untuk anak kita siapkan sendiri,” ucapnya.

Sebagai informasi, Indonesia telah melaporkan tiga kasus kematian anak yang diduga terjadi karena virus hepatitis misterius. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menyebutkan hingga 1 Mei 2022 setidaknya ada 228 kasus di 20 negara.

(uli/tsa)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Dinkes Pastikan Tak Ada Kasus Hepatitis Misterius di Jabar