Jemaah Mulai Padati Masjid Istiqlal untuk Salad Id

Jakarta, CNN Indonesia

Jemaah yang hendak menunaikan salat Idulfitri pagi ini, Senin (2/5) mulai memadati Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat — pertama kalinya dalam dua tahun pandemi Covid-19 ibadah hari raya kembali digelar di masjid terbesar di Asia Tenggara ini. 

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com pukul 06.07 WIB, para jamaah bergantian masuk ke dalam masjid. Para perempuan mayoritas menggunakan baju gamis dan penutup kepala, sementara pria menggunakan baju koko dan peci.

Jemaah yang akan masuk ke dalam masjid melewati pintu x-ray untuk di cek barang bawaannya. Para petugas juga mengingatkan agar jemaah tetap memakai masker yang sudah dikenakan.

Di dalam masjid tampak sudah terisi dan hampir penuh. Pasalnya sebagian para jemaah itu sudah mendatangi masjid dari sejak azan Subuh berkumandang.

Sebelumnya, Kementerian Agama memutuskan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin 2 Mei. Keputusan itu diambil usai hilal atau bulan baru terlihat di sejumlah wilayah Indonesia hari ini.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan rencananya salat Idulfitri dilakukan pada pukul 07.00 WIB. Selain itu, salat Id berjamaah juga akan dilakukan secara terbatas bagi 150 ribu jemaah atau setara 75 persen dari kapasitas masjid.

“Kita tidak mungkin mengatakan 100 persen atau 250 ribu jemaah ya, karena kita masih punya keterbatasan-keterbatasan. Mungkin kita hanya mempersiapkan sekitar 75 persen, 150 ribu orang,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (1/5).

(yla/vws)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Relaksasi PPKM dan Vaksinasi Papua Di Bawah 70 Persen