Jepang Beri Bintang Jasa untuk JK hingga Sultan Hamengku Buwono X

Jakarta, CNN Indonesia

Pemerintah Jepang menganugerahi bintang jasa kepada tiga tokoh Indonesia, yaitu Muhammad Jusuf Kalla (JK), Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan Yusron Ihza Mahendra.

JK diganjar bintang tanda jasa Grand Cordon of the Order of the Rising Sun karena dianggap berkontribusi meningkatkan hubungan persahabatan Jepang-Indonesia saat menjawab Wakil Presiden Indonesia.

“Selama masa jabatan tersebut, beliau secara konsisten membantu melakukan kordinasi atas berbagai hal yang sulit baik di dalam maupun di luar kabinet melalui kerja sama dengan kalangan politik dan ekonomi Jepang, sehingga memberikan kontribusi besar bagi peningkatan hubungan Jepang-Indonesia,” dikutip dari situs resmi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Rabu (4/5).

Sementara, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mendapat The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star.Penghargaan itu diberikan berkat upaya Sultan membangun hubungan Yogyakarta dengan Prefektur Kyoto dan Prefektur Yamanashi.

Sultan juga dianggap berjasa karena menyambut baik kunjungan Kaisar Jepang Akihito dan Permaisuri Michiko pada tahun 1991. Begitu pula dengan kunjungan Putra Mahkota Pangeran Akishino (Akishino-no-miya) dan Putri Mahkota Kiko pada 2008.

Adapun Yusron Ihza Mahendra mendapat The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star karena berkontribusi dalam meningkatkan hubungan Jepang dan Indonesia.

“Bapak Yusron Ihza Mahendra merupakan Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang pertama yang memiliki kemampuan berbahasa Jepang yang tinggi sehingga memberikan kontribusi besar bagi peningkatan hubungan bilateral di berbagai bidang,” tutur Kedubes Jepang di Indonesia.

(dhf/bir)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Pemeluk agama harus memilih agama lain ketika mendaftar di TNI