Jerinx Pindah ke Lapas Kerobokan, Mengaku Lebih Dekat dengan Ibu

Denpasar, CNN Indonesia

Superman is Dead I Gede Aryastina drummer alias jerinx menjalani masa isolasi di Blok Mapenaling (masa pengenalan lingkungan) setelah dipindahkan ke LP Kerobokan, Bali, Jumat (1/4). Pemindahan itu disebut agar terpidana bisa dekat dengan korban Ibu.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kerobokan, Kabupaten Badung, Bali, Fikri Jaya Soebing menjelaskan, mereka yang akan masuk Lapas harus menjalani isolasi terlebih dahulu.

“Untuk saat ini masih di Blok Mapenaling karena masih dalam tahap isolasi, blok shelter dulu, isolasi dulu,” kata Soebing, saat dihubungi Sabtu (2/4).

Ia mengatakan Jerinx tiba di Lapas Kerobokan pada Jumat (1/4) pukul 15.00 WITA, setelah dilimpahkan ke Kejaksaan DKI Jakarta.

“Jadi (dipindahkan) dari Kejaksaan DKI itu dalam eksekusinya divonis satu tahun dan menjalani hukuman di Lapas Kerobokan. Oleh karena itu, kejaksaan membawanya ke sini,” katanya.

“Untuk alasannya tidak disebutkan di sana. Mungkin ada pertimbangan dari kejaksaan atas permintaan Jerinx, mungkin, atau apa alasannya,” lanjutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jerinx divonis satu tahun penjara dan denda Rp. 25 juta terkait kasus pengancaman Adam Deni Gearaka di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Dia awalnya ditahan di Rutan Salemba, Jakarta Pusat, sebelum dipindahkan ke Kerobokan.

Proses pemindahan tersebut didampingi oleh kuasa hukum Jerinx, I Wayan Gendo Suardana, dan dikelola oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Gede Eka Hariana.

Gendo menjelaskan, pemindahan itu dilakukan karena kewenangan hukum telah menyurati Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat pada 1 Maret lalu.

“Permintaan itu sudah ditanggapi oleh Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat kemarin (Jumat, 1 April 2022). Jerinx dipindahkan dari Jakarta ke Bali,” kata Gendo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/4).

Baca Juga :  Ridwan Kamil Masuk Bursa Capres Golkar, PPP, PAN

Pasalnya, Jerinx tidak terlalu jauh dari ibunya. Sebab, sang ibu sudah tua dan sakit-sakitan dan selama ini dirawat dan tinggal bersamanya di Bali. Selain itu, agar ibu terdakwa dapat menjenguk terdakwa dengan mudah dan tidak membutuhkan biaya yang besar.




Infografis fitnah Jokwoi yang tersandung UU ITE. (Foto: CNN Indonesia/Asfahan Yahsyi)

“Itulah alasan Jerinx bisa menjalani hukumannya di Lapas Kerobokan,” imbuhnya.

Gendo juga menambahkan, Jerinx akan menjalani masa tahanan 8 bulan di Lapas Kerobokan jika tidak mengajukan asimilasi atau cuti bersyarat. Jika dia mengajukan asimilasi atau cuti bersyarat, suami model Nora Alexandra akan menjalani masa penahanan 3 hingga 4 bulan.

“Jika mengajukan dan mendapatkan cuti bersyarat, Jerinx akan bebas sekitar Juli atau Agustus 2022,” katanya seraya menambahkan pihaknya masih berkoordinasi dengan Jerinx terkait permohonan asimilasi atau cuti bersyarat.

Soal denda Rp25 juta, Gendo mengatakan telah dibayarkan oleh Jerinx melalui Tim Advokat Gendo Law Office Jakarta.

“Denda sudah lunas di Kejari Jakarta Pusat, jadi Jerinx saat ini hanya menjalani masa penahanan pidana dasar. Semuanya sudah ditangani oleh Kantor Hukum Gendo Jakarta,” ujarnya.

(kdf/arh)

[Gambas:Video CNN]