Jokowi Akan Upacara Hari Lahir Pancasila di Ende NTT

Jakarta, CNN Indonesia

Presiden Joko Widodo diagendakan mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) besok.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Jokowi akan berangkat dari Jakarta hari ini pukul 13.00 WIB.

“Ya (Jokowi ke Ende untuk pimpin upacara Hari Lahir Pancasila),” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono melalui pesan singkat, Selasa (31/5).

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memusatkan peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini di Ende, NTT. Daerah itu dipilih karena punya rekam sejarah yang berkaitan dengan kelahiran Pancasila.

Ende menjadi tempat pengasingan Sukarno pada 14 Januari 1934. Bung Karno diasingkan di daerah itu sebelum dipindahkan ke Bengkulu.

Wakil Kepala BPIP Hariyono menyebut Ende sebagai tempat perenungan Sukarno tentang dasar Negara. Di sana, Sukarno menyadari Indonesia bukan hanya Jawa.

“Karena di Ende ini memiliki etnis dan agama yang beragam. Walaupun Bung Karno adalah pejuang dan tokoh dari kalangan Islam, tapi di Ende dia juga berdiskusi dengan tokoh-tokoh agama lain,” ucap Hariyono, dilansir situs resmi BPIP, Sabtu (28/5).

Selain upacara, Peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende akan diwarnai parade kebangsaan, pameran ekonomi kreatif dan UMKM, pentas seni budaya, serta pembekalan penguatan pembinaan ideologi Pancasila.

Jokowi Blusukan di NTT

Heru mengatakan Jokowi akan berada di NTT hingga Kamis (2/6). Usai upacara, Jokowi akan menyambangi Ngada.

Di sana, Jokowi bakal blusukan ke sejumlah pasar. Ia pun akan berkunjung ke hutan bambu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga akan mampir ke Waingapu. Kunjungan ke Waingapu dilakukan sebelum kembali ke Jakarta.

“Waingapu melihat panen dan tanam sorgum,” tutur Heru.

Baca Juga :  Petugas Pastikan Tidak Ada Korban Kebakaran Pademangan

(dhf/wis)

[Gambas:Video CNN]