Jumlah Antrian Jemaah Haji Jatim Lebih Dari Sejuta

Surabaya, CNN Indonesia

Jumlah calon jemaah haji asal Jawa Timur Penantian keberangkatan kini mencapai 1.096.000 orang setelah dua tahun terhenti. Angka tersebut merupakan seperlima dari total 5.100.000 jemaah haji di seluruh Indonesia yang menunggu pemberangkatan ke tanah suci.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Jatim, Husnul Maram mengatakan, antrean terlama jemaah haji asal Jatim adalah 32 tahun.

“Ada yang berangkat 32 tahun, ada yang 40 tahun. Tapi untuk Jatim keberangkatan paling lama 32 tahun,” kata Husnul.

Jika kuota dari Kerajaan Arab Saudi jelas didapat, dan jumlahnya 100 persen seperti tahun 2021 yakni 231.000, maka Jatim diperkirakan mendapat kuota 35.000 jemaah. Sejauh ini jemaah masih cemas menunggu konfirmasi.

“Hingga saat ini jemaah haji asal Jatim yang lunas dua tahun lalu yang keberangkatannya ditunda sebanyak 33 ribu jemaah. Tahun ini mereka ingin semuanya bisa berangkat,” kata Husnul.

Menurutnya, semua persiapan sudah selesai. Mulai dari pembuatan paspor, akomodasi, asrama haji dan lainnya sudah selesai. Tinggal menunggu konfirmasi.

“Untuk administrasi dan sebagainya, sekitar 95 persen sudah siap,” katanya.

Hotel Asrama Haji Sukolilo (HAH), Surabaya juga akan dinonaktifkan sebagai lokasi karantina atau isolasi terpusat (isoter) bagi pasien COVID-19. Ini menyusul berita bahwa haji akan dilanjutkan setelah dua tahun terhenti.

Kepala UPT Asrama Haji Surabaya Sugianto mengatakan gedung tersebut sudah dikosongkan. Belum ada pasien sejak dua minggu lalu.

“Dinonaktifkan sebelum haji,” kata Sugianto, Selasa (5/4).

Hotel Asrama Haji akan berhenti menjadi lokasi isolasi terpusat, karena akan berfungsi sebagai tempat tinggal jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.

Selama digunakan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19, ada dua gedung yang difungsikan sebagai tempat karantina pasien, yakni gedung Zam-zam dan Shofa. Dalam waktu dekat kedua gedung tersebut akan disterilkan terlebih dahulu.

Baca Juga :  Wihara di Makassar Kebakaran Usai Ibadah Hari Waisak

“Total, kapasitas di dua gedung itu 600 orang,” katanya.

(fr/bmw)

[Gambas:Video CNN]