Kalimalang Dipadati Pemudik Motor, Lalu Lintas Sempat Tersendat

Jakarta, CNN Indonesia

Jalan Raya Kalimalang mulai dipadati pemudik yang menggunakan sepeda motor menuju kampung halaman, Jumat (29/4) malam. Pemudik mulai ramai melintas sejak pukul 18.30 WIB.

Pantauan CNNIndonesia.com di lapangan, situasi ini berbeda dengan siang maupun sore hari yang sepi dari pemudik.

Tak sedikit para pemudik yang menggunakan motor tampak berboncengan. Tas dan kardus terlihat ditempatkan di bagian depan dan belakang motor.

Hingga pukul 21.00 WIB, pemudik motor terus melintas. Namun meski padat, tidak terlihat adanya kemacetan di sepanjang jalur lurus ini. Arus hanya sempat tersendat sekitar 250 meter akibat lampu merah di Simpang Metropolitan Mall, Bekasi.

Salah seorang pemudik asal Parung, Jawa Barat, Ghozali mengaku sengaja berangkat malam hari agar tidak terkena terik matahari dalam perjalanan. Pria 26 tahun ini akan mudik ke Brebes.

“Ini berangkat berdua, nanti ketemu rombongan di Bekasi Utara. Perjalanan 7 sampai 8 jam,” kata Ghozali kepada CNNIndonesia.com saat istirahat di salah satu minimarket.

Setiap tahun, Ghozali mengaku selalu mudik menggunakan sepeda motor. Namun tahun lalu, ia tidak pulang kampung lantaran adanya larangan.

“Pasti pakai motor. Lewat sini ini (Kalimalang). Kadang ramai, kadang satu motor,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pospam Sumber Artha, Iptu M Siregar mengatakan pihaknya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas jika ada peningkatan volume kendaraan yang berakibat pada kemacetan.

Namun, menurutnya, puncak arus mudik para pengendara motor di jalur itu sudah terjadi pada Kamis (28/4) lalu.

“Kita ada pengalihan arus. Artinya kita bagi mereka untuk jalan mengarah ke Jakarta,” katanya.

(yoa/fra)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Kecelakaan di Jalan Layang MBZ, Sistem Buka Tutup Diberlakukan