Per Jam 5 Ribu Kendaraan Melintasi Tol Japek H-4 Lebaran

Jakarta, CNN Indonesia

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut sebanyak 52 ribu kendaraan sudah melintasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah ke timur Jawa.

Hal ini Listyo sampaikan setelah memantau situasi lalu lintas di Tol Japek pada Kamis (28/4) tengah malam atau H-4 Lebaran.

“Informasi terakhir sampai saat ini sudah kurang lebih 52 ribu kendaraan yang melintas tol di KM 48,” kata Listyo dalam konferensi pers di Pos Pantau KM 48 Tol Japek, Jumat dini hari (29/4).

Listyo mengatakan jumlah kendaraan yang mintasi titik KM 48 mencapai 5 ribu kemdaraan per jam. Ia memprediksi volume lalu lintas ini akan terus naik.

“Per jam nya sudah mencapai 5 ribu, jadi tentunya ini akan terus bertambah,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, lalu lintas di Tol Japek sejak sekitar pukul 21.35 hingga 00.30 WIB terpantau ramai lancar.Kendaraan tampak menggunakan dua lajur, yakni kanan arah Jawa Tengah dan kiri arah ke Jakarta mengikuti skema satu arah atau one way.

Di kedua lajur tersebut, kendaraan tampak melaju dengan kecepatan tinggi.

Meski demikian, kepadatan lalu lintas di kedua jalur tampak berbeda. Dibanding lajur kiri, lajur kanan yang dibuka pada sore tadi tampak lebih sepi.

Sebelumnya, kebijakanone waydanganjil genapdi ruas Tol Jakarta-CikampekKM 47 hingga TolKalikangkungKM 414 diterapkan. Kebijakan tersebut mulai diterapkan per pukul 17.26 WIB hari ini, Kamis (28/4).

Polri menerapkanone waydan ganjil genap guna mengurai kemacetan kendaraan para pemudik.Tak akan ada sanksi bagi pengendara yang melintas di tol di luar ketentuan khusus pelat nomor polisi ganjil atau genap. Pengendara hanya diarahkan untuk keluar dari gerbang tol.

Baca Juga :  Wagub DKI Sanksi Tegas ASN Ketahuan Pakai Mobil Dinas untuk Mudik

(iam/pmg)

[Gambas:Video CNN]