Kepri Berpotensi Diterjang Banjir Rob Tanggal 15-19 Mei

Jakarta, CNN Indonesia

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Riau mengimbau masyarakat mewaspadai potensi rob atau banjir pesisir daerah setempat pada 15-19 Mei ini.

“Stasiun BMKG Hang Nadim Batam memprediksi fenomena rob melanda sejumlah wilayah pesisir Kepri,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kepri, M. Hasbi, Sabtu (14/5), seperti dikutip kantor berita Antara.

Hasbi menjabarkan, beberapa wilayah yang berpotensi diterjang rob di antaranya Kota Batam Pesisir, tepatnya di Kecamatan Batu Aji, Sekupang, Nongsa, dan sekitarnya.

Sementara itu, KotaTanjungpinang Pesisir juga berpotensi dilanda banjirroba, tepatnya di KecamatanTanjungpinang Kota,Tanjungpinang Barat, Bukit Bestari, dan sekitarnya.

Untuk Kabupaten Pesisir, banjir berpotensi melanda Kecamatan Bintan Utara, Teluk Sebong, Bintan Timur, dan sekitarnya.

Kabupaten Karimun Pesisir juga berpotensi dilanda rob, tepatnya di Kecamatan Meral, Kelurahan Pamak, dan sekitarnya.

Selain itu, banjir juga dapat melanda Kabupaten Anambas Pesisir di Kecamatan Siantan, Siantan Timur dan sekitarnya, Kabupaten Natuna di Kecamatan Bunguran Timur, juga pesisir Pulau Laut dan sekitarnya.

Menurut Hasbi, rob dapat berdampak pada gangguan transportasi sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas warga, hingga bongkar muat di pelabuhan.

Hasbi mengimbau agar warga menghubungi instansi penanganan bencana terdekat jika membutuhkan pertolongan akibat rob.

“Masyarakat harus selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari gelombang tinggi dan pasang maksimum air laut,” ujarnya.

(has)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Jawaban Mengejutkan IDI Soal Kritikan Yasonna Soal Izin Praktik Dokter