Ketua Pansel Menyesal Pemohon Komnas HAM Kurang Aktivis

Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Anggota Komnas HAM Untuk periode 2022-2027, Makarim Wibisono menyayangkan pelamar Komnas HAM yang minim dari masyarakat aktivis. Dikatakan berbeda dengan pelamar 10-15 tahun lalu.

Diketahui, saat ini lembaga penegak hak asasi manusia sedang membuka pendaftaran calon anggota Komnas HAM periode 2022-2027. Pendaftaran dibuka hingga April 2022.

“Saat ini saya ketuanya, kalau melihat jumlah pelamar yang aktivisnya minoritas, jauh berbeda dengan 15 tahun lalu atau 10 tahun lalu. Saya ingin berbicara dengan para aktivis ini, saya ingin bertanya bagaimana ini. masalah,” kata Makarim dalam diskusi yang disiarkan secara online, Senin (4/4).

Ia pun membandingkannya dengan institusi di negara lain. Menurut dia, komisi nasional di sejumlah negara didominasi oleh para aktivis, bukan mantan pejabat atau mantan penegak hukum.

Karena itu, dia berharap calon pelamar Komnas HAM di Indonesia saat ini bisa didominasi oleh para aktivis. Karena permasalahan yang sedang dihadapi lembaga tersebut dikatakan sangat serius.

“Jadi saya berharap ke depan kita bisa mendapatkan calon dari para aktivis ini. Itu memberi saya harapan karena masalah pekerjaan yang dihadapi Komnas HAM juga sangat sulit,” katanya.

Lebih lanjut, Makarim juga menyampaikan bahwa tantangan Komnas HAM ke depan akan semakin tinggi di tengah penyempitan ruang demokrasi saat ini.

Ia juga berharap Komnas HAM dapat memiliki anggota yang berkomitmen untuk menyelesaikan semua masalah dan prinsip-prinsip hak asasi manusia.

“Tidak hanya prinsip mengenai pemajuan pemahaman HAM tetapi juga prinsip bagaimana melindungi masalah korban dari akibat pelanggaran HAM, jadi kita tidak hanya bicara tapi juga mengambil langkah untuk melindungi mereka,” pungkasnya. .

Baca Juga :  DPRD Kritik Dana Penanganan Banjir DKI Masih Tersisa Ratusan Miliar

(blq / agt)

[Gambas:Video CNN]