Kronologi Alfamart di Banjar, Kalimantan Selatan Runtuh dalam Detik

Jakarta, CNN Indonesia

Kepala Polisi BanjarKalsel, AKBP Doni Hadi Santoso, mengatakan minimarket Alfamart yang ambruk sempat mengalami retakan sebelum ambruk pada Senin (18/4).

Doni mengatakan berdasarkan saksi mata, gedung Alfamart retak selama sepuluh detik sebelum runtuh, diduga menjebak puluhan orang di dalamnya.

“Dari keterangan saksi pada Senin, sekitar pukul 17.05 WITA terdengar suara bangunan retak selama sepuluh detik, kemudian bangunan tersebut langsung roboh,” kata Doni dalam keterangan tertulis, Senin (18/4).

Doni mengatakan, saksi melihat sejumlah pelanggan dan karyawan Alfamart saat kejadian. Berdasarkan keterangan saksi, ada tiga pegawai dan beberapa pengunjung lainnya.

Ia mengatakan, hingga saat ini pihaknya telah mengevakuasi enam korban yang terjebak di reruntuhan gedung Alfamart.

Doni mengatakan, lima orang dibawa ke Rumah Sakit Islam Sultan Agung KCG untuk mendapatkan perawatan. Mereka adalah Sifa, beralamat di Manarap, Kecamatan Kertak Hanyar; Irfan, beralamat di Gg Sirih Pekapuran, Kota Banjarmasin; Yulia Ratu, beralamat di Manarap KM 7, Kecamatan Kertak Hanyar; Hevianoor, beralamat di Komp Karya Budi Utama Kota Banjarmasin; dan Bahransyah, beralamat di Gambut.

Sedangkan satu orang, Agus Santoso, beralamat di Jl Komplek Citra Graha Plamboyan, dirawat di UGD RS Ciputra Kertak Hanyar.

Peristiwa ambruknya gedung Alfamart di Banjar terjadi pada Senin (18/4) siang.

Wakil Kapolres Banjar Kompol Mohammad Fihim mengatakan, sedikitnya 15 orang terjebak di reruntuhan bangunan. Jumlah tersebut merupakan data sementara dari keterangan saksi.

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengatakan evakuasi korban masih berlangsung.

Solihin mengatakan, pihaknya menanggung biaya pengobatan dan santunan bagi seluruh korban. Ia pun menyampaikan belasungkawa atas kejadian tersebut.

“Alfamart akan menanggung pengobatan dan santunan para korban,” kata Solihin dalam keterangan video, Senin.

Baca Juga :  An-Nadzir Gowa Perkirakan 1 Syawal 1443 H Jatuh pada 1 Mei 2022

(tfq/tsa/rds)

[Gambas:Video CNN]