Kebakaran Monas Lenggang Jakarta, 172 Kios Dilalap Api

Jakarta, CNN Indonesia

Api melanda kawasan Lenggang Jakarta, Monumen Nasional (Monas) pada Kamis pagi (31/3). Sedikitnya 172 kios hangus terbakar dengan kerugian ditaksir mencapai Rp 1,2 miliar.

Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Jakarta Pusat, Asril Rizal, menduga kebakaran tersebut disebabkan korsleting listrik.

“Api diduga berasal dari kios sepatu dan tas atau kios milik Pak Lubis, kemudian menjalar dengan cepat karena banyak bahan yang mudah terbakar,” kata Asril mengutip Antara, Kamis (31/3).

Awalnya, tim pemadam kebakaran menerima laporan tersebut sekitar pukul 05.20 WIB. Sebanyak delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api di lokasi kebakaran.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 05.50 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini.

Dari 172 kios yang hangus hangus, 166 di antaranya merupakan kios suvenir atau cinderamata, sedangkan 6 kios menjual kuliner.

“Akibat kebakaran 172 kios tersebut, kerugian ditaksir mencapai Rp 1,2 miliar,” kata Asril.

Lenggang Jakarta terletak di kawasan Monas yang terletak di area Parkir Irti. Kios-kios di sana menjual berbagai macam barang, mulai dari oleh-oleh, kaos hingga kuliner.

Kios Lenggang Jakarta diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pada tahun 2015 untuk menampung para pedagang kecil dan pedagang kaki lima yang biasa berjualan di sekitar Monas. Luasnya sekitar 600 meter persegi.

(Antara/bmw)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Polarisasi Politik Mereda Usai Jokowi Tinjau Sirkuit Formula E