Tanah Longsor dan Banjir Bandang melanda Bandung Barat, 1 Anak Hilang

Bandung, CNN Indonesia

Tanah longsor dan Banjir bandang melanda Desa Cilengkong, Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Sejumlah rumah dilaporkan rusak akibat longsor dan seorang warga berusia 8 tahun hilang.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, ada 22 rumah yang terkena dampak longsor dan banjir bandang pada Kamis (14/4). Peristiwa yang terjadi malam itu dipicu oleh hujan deras yang terjadi sebelumnya.

“Berdasarkan penilaian di lapangan, total ada 22 rumah yang terkena dampak longsor dan banjir bandang yang terjadi,” kata Kepala BPBD KBB Duddy Prabowo, Sabtu (16/4).

Dari total rumah yang terkena dampak, 10 di antaranya dalam kondisi rusak berat. Ada rumah yang temboknya sudah tergerus material tanah dan rawan ambruk, serta banjir lumpur sudah masuk ke dalam rumah.

Mengingat kondisi rumah warga yang rawan dan hujan yang masih turun setiap hari, demi keselamatan warga, warga dievakuasi sementara ke tempat yang aman. Sementara itu, petugas berusaha membersihkan material longsoran dan mengevakuasi barang-barang yang masih bisa diselamatkan.

“Warga dievakuasi ke balai RW dan rumah kerabat terdekatnya, yang kondisinya lebih aman. Untuk kebutuhan mendesak saat ini dibutuhkan seperti dapur umum, logistik, dan obat-obatan,” kata Duddy.

Selain merusak rumah warga, tanah longsor dan banjir bandang juga merusak persawahan dan perkebunan. Total ada tiga hektare lahan yang terkena dampak warga.

“Lahan pertanian masyarakat banyak yang tertimbun material longsor. Akses jalan desa juga terhalang longsor di beberapa titik dan hanya bisa dilalui pejalan kaki,” kata Duddy.

Tak hanya itu, bencana ini mengakibatkan satu anak hilang yang masih dalam pencarian tim SAR gabungan. Dua tim penyelamat dari Kantor SAR Bandung dikerahkan ke lokasi longsor untuk melakukan pencarian. Korban bernama Efan Mustofa (8).

Baca Juga :  Novel Sindir Dewas KPK Usai Keluhkan Dirut Pertamina Tidak Kooperatif

“Berdasarkan laporan yang diterima, korban dan dua temannya sedang kembali mengaji dan tertimbun longsor saat melewati lokasi kejadian. Seorang warga langsung menyelamatkan tiga anak, dua anak berhasil diselamatkan sedangkan satu orang lainnya tidak terselamatkan. ,” kata Kepala Kantor SAR. Bandung Deden Ridwansah.

(hyg/isn)

[Gambas:Video CNN]