Luhut Ungkap Mobilitas Warga Saat Ini Tertinggi Selama Pandemi

Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tingkat mobilitas masyarakat di luar rumah kini berangsur-angsur kembali normal.

Menurut Luhut, peningkatan mobilitas masyarakat bahkan mencapai puncaknya selama dua tahun Indonesia dilanda pandemi Covid-19.

“Mobilitas masyarakat mencapai level tertinggi sejak pandemi melanda negara kita,” katanya dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (4/4).

Luhut mengaku, kondisi ini disebabkan oleh situasi pandemi Covid-19 di Indonesia yang sudah mulai terkendali. Sehingga tercipta rasa aman dan nyaman bagi masyarakat untuk dapat kembali beraktivitas seperti biasa.

Menurutnya, situasi pandemi yang terkendali juga tercermin dari penurunan kasus harian Covid-19 menjadi 97 persen dari puncak gelombang ketiga. Luhut mengatakan penurunan signifikan terjadi hanya dalam waktu tiga bulan.

Selain itu, kata dia, jumlah kasus aktif juga mengalami penurunan hingga 83 persen. Saat ini, kata Luhut, ada kurang dari 100.000 kasus aktif Covid-19.

Tingkat hunian rumah sakit saat ini sebesar 6 persen. Selain itu, lanjutnya, tingkat positif hanya 4 persen, di bawah standar WHO.

“Kami menyimpulkan kondisi varian Omicron Indonesia saat ini dalam posisi terkendali,” jelasnya.

Luhut menyampaikan, penurunan jumlah kasus Covid-19 berdampak pada penurunan tingkat penilaian di berbagai daerah. Ia menegaskan, saat ini sudah tidak ada lagi daerah di Jawa-Bali yang masuk PPKM level 4.

“Sebanyak 93 persen kabupaten/kota di Jawa-Bali sudah berada di level 1 dan 2, hanya 9 kabupaten/kota yang masih berada di level 3,” katanya.

(tfq / DAL)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Polisi Selidiki Penganiayaan Presma Universitas Trisakti