Gagal Kelola Permintaan Bangsa 3 Kali

Jakarta, CNN Indonesia

Puluhan massa aksi yang terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)Tangerang menyindir wacana tiga periode presiden Joko Widodo dengan memainkan lagu Cut Duck Goose.

Mereka mengubah lirik lagu dengan merujuk pada seseorang yang gagal menjaga bangsa tetapi meminta tiga istilah. Mereka menyanyikan lagu itu berulang-ulang perjalanan panjang dari kawasan Tugu Tani hingga kawasan Patung Kuda.

“Potong bebek dan angsa masak di kuali, gagal urus bangsa, minta tiga kali,” teriak puluhan mahasiswa.

Sementara itu, ratusan demonstran yang berasal dari berbagai kalangan dan terpisah merapat di area patung kuda. Salah satunya membentangkan spanduk meminta penangkapan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Selain Luhut, mereka juga meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir diperiksa. Mereka menilai Erick dan Luhut terlibat dalam bisnis PCR.

Tangkap dan hukum Luhut Binsar Pandjaitan dan Erick Thohir, Selidiki Bisnis PCR Selengkapnya, demikian bunyi spanduk tersebut.

Saat ini, ratusan orang terjebak di area Patung Kuda karena diblokade menggunakan kawat berduri dan mobil lapis baja.

Sebelumnya, ratusan demonstrasi massa yang terdiri dari berbagai elemen seperti mahasiswa dan buruh menyatakan akan menggelar demonstrasi. Mereka menolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode dan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Salah satu unsur mahasiswa, yakni Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menyatakan telah menggeser titik aksinya dari Patung Kuda ke DPR. Sementara itu, Polda Meteo Jaya mengerahkan 6.826 personel untuk mengamankan aksi unjuk rasa hari ini.

“Di Sini [Monas] Kurang lebih 5.626 personel dikerahkan, terdiri dari gabungan Polda Metro Jaya, Korbrimob Polri dan Kodam,” kata Fadil kepada wartawan di kawasan Monas, Senin (11/4).

Baca Juga :  Kalimalang Kini Jadi Ruang Interaksi Sosial dan Wisata

(Iam/DAL)

[Gambas:Video CNN]