Mahfud Didatangi KPU, Jamin Perlancar Dana dan Keperluan Pemilu

Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memastikan pemerintah akan mempermudah keuangan dan fasilitas lainnya untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan usai menerima jajaran komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Kantor Kemenko Polhukam yang disiarkan di kanal YouTube resmi Kemenko Polhukam, Rabu (11/5).

“Karena itu, Kalau perlu fasilitas-fasilitas administrasi termasuk aturan yang perlu dikeluarkan oleh pemerintah nanti kita fasilitasi. Keuangan dan sebagainya kan tentu harus lewat pemerintah, nanti kita perlancar semuanya itu,” kata Mahfud.

Mahfud juga memastikan tahapan Pemilu 2024 akan segera dimulai pada 14 Juni 2022 sesuai aturan.

Ia juga menegaskan KPU adalah lembaga independen dan mandiri. KPU, kata dia, bukan bagian dari eksekutif, dalam arti dibawah Presiden. Tetapi masuk dalam rumpun eksekutif berdasarkan hukum tata negara.

Oleh karena itu Ia meminta KPU untuk bekerja profesional dan sungguh-sungguh. Pasalnya, apapun yang akan dilakukan pasti akan digugat oleh para peserta Pemilu.

“Saya katakan kepada KPU untuk hati-hati apapun yang anda lakukan akan ada yang menggugat. Saya katakan KPU harus firm dan bekerja dengan tanggung jawab,” kata Mahfud.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Hasim Asy’ari mengatakan pertemuan ini sekaligus konsultasi dengan Mahfud.

Mahfud, lanjut dia, memiliki peran penting karena membawahi sejumlah kementerian dan lembaga negara. Baik yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan proses Pemilu maupun Pilkada.

“Itu dalam rangka memberikan dukungan kepada KPU. Supaya pemilu bisa berjalan tepat waktu. Sehingga siapapun terpilih sebagai pemimpin eksekutif dan DPR benar-benar legitimate,” kata Hasyim.

(rzr/ain)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  KPU-DPR Gelar Rapat Bahas Tahapan Pemilu Jumat hingga Minggu