Komunitas Mengadakan Pawai Obor di sepanjang Ruas Gadog-Peak

Jakarta, CNN Indonesia

Masyarakat berdesakan di parade obor di wilayah Puncak, Bogor, Jawa Barat, Rabu (30/3) malam. Obor estafet merupakan tradisi yang sering dilakukan oleh masyarakat muslim di Indonesia untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Dari pantauan di linimasa Twitter, warganet mengunggah video kepadatan massa yang menggelar estafet obor di pertigaan Gadog, Ciawi, tepatnya pintu keluar tol Puncak, Cisarua.

“(Parade obor) masih berlangsung,” kata Kapolres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata kepada CNNIndonesia.comRabu (30/3) malam.

Di timeline, estafet obor juga diunggah ke akun Twitter @QaillaAsyiqah. Dalam video tersebut, polisi juga mengamati pengamanan di sekitar gerbang tol keluar kawasan Gadog. Ruas Gadog-Puncak juga terpantau tidak bisa dilalui kendaraan.

“Masih pawai Obor di Bogor,” tulisnya pada pukul 22.00 WIB.

Dalam arak-arakan obor, massa yang berjalan kaki dari Simpang Gadog, Puncak, hingga Cisarua tak henti-hentinya melantunkan zikir selawat.

Arus lalu lintas dari arah Simpang Gadog menuju kawasan Puncak terpaksa dihentikan sementara oleh petugas kepolisian. Sementara itu, arus dari Puncak menuju Ciawi sempat macet. Namun, kata Dicky, estafet obor tidak sepenuhnya melumpuhkan lalu lintas kendaraan.

“Mereka jangan tutup jalan. Penontonnya juga di pinggir jalan,” kata Dicky.

Pemerintah di tengah penurunan kasus COVID-19 mulai melonggarkan sejumlah aturan terkait kegiatan Ramadhan. Mulai dari pelaksanaan tarawih hingga mudik yang akan diwajibkan dengan vaksin booster.

Meski demikian, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid telah mengimbau masyarakat untuk menekan penularan Covid-19 jelang Ramadhan. Satgas meminta warga mempertimbangkan untuk sahur di jalan hingga bukber.

“Pemerintah juga mengingatkan, meski kasus Covid-19 terkendali dan penerapan kebijakan lebih longgar dibandingkan tahun lalu, kami meminta masyarakat tetap berhati-hati dalam beraktivitas,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di konferensi pers, Selasa (29/3). ).

Baca Juga :  CPO Saga Bikin Pusing Penguasa

(dis/ain)

[Gambas:Video CNN]