No, Tak Ada Penundaan Pemilu

Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri menegaskan dirinya menolak wacana penundaan Pemilu 2024.

“Saya tegas katakan. No, tak ada penundaan [Pemilu] sama sekali. Tetap berjalan apa adanya,” kata Megawati dalam acara Kickoff Pembentukan BRIDA, Rabu (20/4).

Menurut Megawati turut menegaskan sikap Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sudah jelas bahwa di tahun 2024 mendatang tak ada penundaan Pemilu.

Ia menilai saat ini pemerintah masih pontang panting mengatasi pandemi virus corona (Covid-19). Tapi Ia mengkritik di sisi lain justru ada usulan untuk menunda pemilu 2024. Padahal, Megawati kembali menegaskan bahwa Jokowi sudah menolak usulan tersebut.

“Dari sisi kepemerintahan segala macam hanya karena sebuah keinginan penundaan yang sudah tegas tegas dikatakan presiden tak ada penundaan, kurang apalagi?” kata dia yang juga dikenal sebagai Ketua Umum PDIP tersebut.

Megawati lantas mengajak kepada semua pihak menjadi negarawan yang berorientasi pada kepentingan rakyat. Ia menilai siapapun yang hendak menjadi presiden selanjutnya bisa mengikuti Pemilu 2024.

“Mau kurang apalagi? Maaf kalau saya bicara seperti ini. Tapi karena ini hal yang penting bagi kita semua,” kata Presiden kelima RI tersebut.

Sebelumnya, wacana penundaan pemilu belakangan ini berhembus kencang. Awalnya, usulan itu dikemukakan beberapa Ketum PKB Muhaimin Iskandar hingga Ketum PAN Zulkifli Hasan.

Namun, usulan itu banyak ditolak oleh partai politik di parlemen hingga pelbagai elemen masyarakat. Dan Jokowi pun mengumumkan pemilu tetap berjalan sesuai jadwal.

(rzr/kid)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Kecelakaan di Jalan Layang MBZ, Sistem Buka Tutup Diberlakukan