Jangan Bawa ‘Hadiah’ Covid

Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan vaksinasi terlebih dahulu Idul Fitri Lebaran 2022.

Menurutnya, hal-hal tersebut diperlukan untuk mencegah peningkatan kasus Covid-19 setelah pemerintah mengizinkan masyarakat untuk mudik lebaran tahun 2022.

Sehingga saat berangkat ke daerah tujuan kondisinya benar-benar sehat dari Covid-19 dan tidak datang dengan ‘hadiah’ Covid-19, kata Muhadjir Effendy usai rapat koordinasi lintas sektor terkait persiapan Idul Fitri 2022. di Mabes Polri beberapa waktu lalu.

Menurut dia, pemerintah melakukan berbagai persiapan agar pelaksanaan mudik Lebaran 2022 berjalan dengan aman, lancar dan sehat, antara lain ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM), LPG, dan kebutuhan pokok.

“Jadi mudik tahun ini sesuai dengan niat, yaitu senangnya bertemu sanak saudara dan pulang dengan selamat,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah mengizinkan masyarakat untuk pulang karena kasusnya miring. Ia tak ingin mudik memicu penyebaran Covid-19 lagi.

Jokowi mengatakan, mudik Lebaran Idul Fitri akan diikuti 80 juta orang. Di Pulau Jawa, pemudik akan menggunakan 23 juta mobil pribadi dan 17 juta sepeda motor.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berjanji pemerintah akan memfasilitasi mudik dengan sebaik-baiknya. Dia mengatakan, pemerintah menjamin keamanan masyarakat.

Di sisi lain, ia juga meminta masyarakat tetap disiplin tentang protokol kesehatan selama mudik.

“Jangan sampai mudik justru memicu munculnya gelombang baru Covid-19, apalagi arus mudik tahun ini akan sangat besar,” kata Jokowi.

(antara/chri)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Kronologis Gaji Pegawai Rp60 Juta Merampok Bank BJB Fatmawati