Screenshot WA Modal, Grace Seret Relawan Anies dalam Kasus Ade

Jakarta, CNN Indonesia

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie Disebutkan anggota grup relawan WhatsApp Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai salah satu pemicu pemukulan terhadap aktivis media sosial Ade Armando pada aksi mahasiswa, Senin (11/4).

Menurut Rahmat, cuplikan percakapan grup WhatsApp dengan nama Relawan Anies Apik 4 telah beredar di media sosial. Isi pembicaraan menginformasikan massa lainnya bahwa Ade Armando berada di lokasi demonstrasi di DPR.

Menurut Rahmat, jika benar, dia meyakini ada keterkaitan antara relawan Anies dengan penumpang gelap selama demonstrasi yang dilakukan oleh aliansi BEM SI.

“Salah satu anggota kelompok berwajah non mahasiswa, saya perkirakan usianya di atas 45 tahun, melaporkan kehadiran Ade Armando dalam aksi unjuk rasa dan meminta bantuan agar informasi ini diteruskan ke massa aksi dengan tujuan membuat massa menindih Ade,” kata Grace dalam video yang diunggah ke kanal YouTube Cokro TV, Rabu (13/4).

“Jika memang benar pria ini adalah relawan Anies, maka percakapan ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara relawan Anies Apik 4 dan penumpang gelap selama demonstrasi kemarin,” tambahnya.

Grace juga mengaku mendapat informasi bahwa penumpang gelap atau massa yang disusupi aksi kemarin berafiliasi dengan Front Pembela Islam (FPI) dan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang dilarang. Menurutnya, kedua kelompok itu sangat keras terhadap Ade Armando yang kerap berbeda pendapat dan lantang di media sosial.

“Kalau benar ternyata relawan Anies punya hubungan dekat dengan ormas terlarang FPI dan HTI, ini masalah serius,” ujarnya.

Artinya, meski ormas FPI dan HTI sudah dibubarkan dan dinyatakan terlarang, pelakunya masih aktif terlibat, tambah Grace.

Baca Juga :  PIS Pelaku Pemukulan Ade Armando: Tangkap, Hukum Tegas

Ketua Umum Central Mileanies National Network yang menjadi relawan Anies, Muhammad Ramli Rahim, membantah pihaknya terkait dengan massa yang memukul Ade Armando dalam aksi tersebut. Ramli mengaku pihaknya melarang para relawan ikut dalam aksi untuk menjaga kemurnian gerakan mahasiswa.

Jadi menurutnya, jika ada relawan yang berada di lokasi, mereka datang atas nama sendiri. Ramli pun menilai, cuplikan percakapan kelompok relawan Anies Apik 4 yang beredar di media sosial adalah rekayasa karena ada percakapan serupa dengan nama grup lain.

“Kami membuat larangan untuk menjaga kemurnian gerakan mahasiswa. Kalaupun mereka di lapangan, mereka adalah individu. Jumlahnya sangat kecil,” katanya. CNNIndonesia.comRabu (13/4).

Grace dalam presentasinya tidak melampirkan bukti yang bisa menjawab kecurigaannya. Ia hanya menyampaikan informasi berdasarkan versi yang didapatnya dan mengaitkannya dengan dugaan keterlibatan relawan Anies Baswedan.

Grace adalah pemimpin PSI yang secara politik dikenal sangat menentang Anies Baswedan. Grace dan PSI kerap mengkritisi kebijakan Anies, terutama terkait implementasi Formula E dan proyek sumur resapan di Jakarta.

Ketua Umum PSI saat ini, Giring Ganesha, juga menuding Anies Baswedan pembohong.

(thr/gil)

[Gambas:Video CNN]