IKN Final, Jangan Digoyang Lagi

Jakarta, CNN Indonesia

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) moeldoko meminta agar tidak ada pihak yang mempersoalkan pemindahan dan pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara. Moeldoko mengatakan pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur telah disepakati pemerintah dan DPR.

“IKN ini final, jangan dibicarakan lagi,” kata Moeldoko usai menemui perwakilan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (14/4).

Moeldoko menyatakan, pemindahan ibu kota negara dilakukan demi transformasi di berbagai bidang. Dia yakin kebijakan ini akan mendukung pengembangan pemerintahan yang cerdas dan ekonomi hijau.

“Ada aspirasi besar dalam pengembangan dan transfer IKN,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, mahasiswa yang tergabung dalam GMNI mendukung pemindahan ibu kota negara. Ketua Umum DPP GMNI Arjuna Putra Aldino juga berharap pemerintah melibatkan masyarakat dalam pengembangan IKN Nusantara.

“Kami melihat perlunya IKN sebagai momentum perubahan. Kami mengusung gagasan pembangunan inklusif dan kolaboratif, dengan fokus pada isu penerimaan masyarakat lokal dan ekonomi biru,” kata Arjuna.

Sementara itu, melalui Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022, ibu kota negara akan dipindahkan dari DKI Jakarta ke IKN Nusantara. Presiden Joko Widodo juga telah menunjuk Kepala dan Wakil Kepala Otoritas IKN, yakni Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe.

Namun, saat ini UU IKN sedang digugat sejumlah pihak ke MK. Gugatan diajukan oleh tokoh-tokoh seperti Azyumardi Azra dan Din Syamsuddin.

(dhf/tsa)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Mahasiswa Trisakti Minta Ubah UU soal Kewenangan Komnas HAM