Muhadjir Ziarah ke Makam Habibie hingga Malik Fajdar di Hari Lebaran

Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berziarah ke makam sejumlah tokoh RI di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada hari pertama Idulfitri 1443 Hijriah, Senin (2/5).

Dia berziarah ke makam Presiden Indonesia ke-3, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie serta Menteri Pendidikan Nasional 2001-2004 Abdul Malik Fadjar dan Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) 2009-2013 Taufik Kiemas.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Muhadjir datang menggunakan mobil berpelat RI 16 bersama kedua puteranya sekitar pukul 08.34 WIB. Mereka kompak mengenakan sarung, baju koko, dan peci hitam.

Mulanya, Muhadjir berziarah ke makam Abdul Malik Fadjar. Ia mengirimkan surat Al Fatihah, membacakan tahlil, dan memanjatkan doa untuk tokoh Muhammadiyah itu.

“Ada Profesor Abdul Malik Fadjar yang beliau pernah menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Malang dan waktu menjadi Mendikbud saya juga mengganti beliau sebagai Mendikbud, ini saya punya hubungan dekat dengan beliau,” kata Muhadjir saat ditemui di lokasi.

Setelah menaburkan bunga di pusara seniornya, Muhadjir kemudian berkunjung ke makam BJ Habibie dan istrinya, Hasri Ainun Besari.

Di makam ini, putranya yang masih duduk di Muhammadiyah Boarding School (MBS) gantian memimpin doa. Setelah itu, Muhadjir berziarah ke makam Taufik Kiemas.

Bagi Muhadjir, Taufik dan Malik Fadjar merupakan sosok mentor yang telah ia anggap sebagai orang tua sendiri.

“Dua orang ini merupakan mentor saya yang selalu saya hormati, saya anggap seperti orang tua saya sendiri,” ujarnya.

(iam/agn)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Polisi Pastikan Empat Pelaku Pemukulan Ade Armando Akan Ditangkap