One Way-Contraflow Tol Cikampek sampai Kalikangkung Dihentikan

Jakarta, CNN Indonesia

Arus lalu lintas (lalin) dari KM 70 Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama (Cikatama) sampai KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung kembali normal. Pihak kepolisian akan mengakhiri rekayasa lalu lintas one way maupun contra flow seiring jumlah kendaraan yang semakin berkurang.

“Arus lalin cukup normal dan data kendaraan yang keluar dari GT Cikatama menuju ke arah trans Jawa (mudik) di bawah indikator untuk dilakukan rekayasa lalin baik contra flow maupun one way,” ujar Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Dedi Prasetyo, melalui keterangan tertulis, Minggu (1/5).

“Maka pada pukul 12.00 wib akan dilakukan penutupan rekayasa lalin one way sekaligus pelaksanaan penormalan,” ungkapnya.

Dedi memaparkan akan melakukan normalisasi lalin setelah melihat pantauan pemudik dari arah Jakarta ke timur semakin lenggang.

“Pengakhiran dan normalisasi rekayasa lalin one way dari KM 70 GT Cikatama sampai KM 414 GT Kalikangkung berdasarkan pemantauan arus lalin di lapangan dari arah barat menuju ke timur (mudik),” jelas Dedi.

Berdasar pantauan CNNIndonesia.com, terlihat lalu lalang pihak kepolisian melakukan normalisasi lalu lintas. Sementara, di KM 49 Tol Jakarta-Cikampek, arus lalin pun lenggang dan tidak terlihat kemacetan sama sekali. Kendaraan yang melaju pun berkecepatan sekitar 100 km/jam.

Sebelumnya, sistem one way dan ganjil genap kembali diterapkan di Gerbang Tol Cikampek kilometer 70 hingga Gerbang Tol Kalikangkung kilometer 414 pada Sabtu (30/4) malam atau H-2 Lebaran.

“GT Cikampek Utama KM 70 – GT Kalikangkung KM 414 DIBERLAKUKAN SATU ARAH (ONE WAY) dan GANJIL GENAP. Jalur Satu Arah (ONE WAY) Khusus Kendaraan kecil arah Semarang,” demikian pernyataan PT Jasa Marga melalui Twitter.

Baca Juga :  PAN Ancam Laporkan Balik Ade Armando Terkait Pencemaran Nama Baik

Jasamarga mengumumkan penerapan one way dan ganjil genap ini setelah melaporkan kepadatan kendaraan di Tol Japek Karawang Barat KM 44 – KM 52 arah Cikampek.

(cfd/dis/DAL)

[Gambas:Video CNN]