PAN Tanggapi Teguran Jokowi, Klaim Berhenti Bahas Penundaan Pilkada 2024

Jakarta, CNN Indonesia

Ketua DPP PANCISaleh Partaonan Daulay, mengaku pihaknya tidak lagi terlibat dalam mendorong wacana penundaan pemilihan umum 2024. Dikatakannya, PAN memilih bersiap menyambut Pemilu 2024.

Hal itu dikatakannya usai berkunjung ke rumah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan tadi malam, Rabu (6/4).

“Ya [PAN sudah tidak mengarah ke tunda pemilu]. Kami sekarang siap untuk pemilu. Bahkan jika ada pembicaraan untuk menunda pemilihan [dari PAN], menurut saya itu adalah bagian dari respon yang berkembang di masyarakat saat itu. Waktu itu lho,” kata Saleh saat dihubungi, Kamis (7/4).

Ia juga menyebutkan, pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta para menteri berhenti membahas wacana penundaan pemilu tidak berarti banyak bagi PAN.

Artinya, ada atau tidak pernyataan Jokowi seperti itu, sebenarnya kita siap mengikuti pemilu sesuai jadwal dan agenda yang ditentukan, kata Saleh yang juga anggota Komisi IX DPR itu.

Dalam pertemuan tadi malam, dia mengaku tidak ada pembahasan khusus internal PAN terkait penundaan Pilkada 2024. Sebaliknya, lanjutnya, pihaknya membahas persiapan dan konsolidasi setiap daerah pemilihan (dapil) jelang pemilu.

“Yang jelas kalau kita bicara persiapan pemilu 2024 berarti PAN siap ikut pemilu 2024. Jadi termasuk kemarin, pertemuan kemarin juga dalam rangka persiapan pemilu,” katanya.

Saleh menjelaskan, sejauh ini PAN tetap aktif mempersiapkan pemilu meski sempat melontarkan wacana penundaan Pemilu 2024. Dia mengaku PAN telah menggelar berbagai rapat koordinasi nasional (Rakornas) terkait pemilu, mulai dari Rakornas Panitia Saksi hingga Panitia Pemenangan.

Sebagai informasi, Ketua PAN Zulhas merupakan salah satu pimpinan parpol yang mengusulkan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden. Usulan Zulhas disampaikan seminggu setelah Ketua PKB Muhaimin Iskandar menyampaikannya lebih awal.

Baca Juga :  Gerindra DKI Minta Anies Patuh Aturan Penamaan JIS

Setelah terus diberitakan secara luas, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya melarang anak buahnya berbicara soal penundaan Pilkada 2024 atau perpanjangan masa jabatan presiden. Jokowi tidak ingin para menterinya menimbulkan polemik di masyarakat. Ia ingin seluruh Kabinet Indonesia Maju fokus bekerja.

“Jangan sampai ada yang bicara penundaan, perpanjangan,” kata Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (5/4).

(cfd/DAL)

[Gambas:Video CNN]