Partai Buruh Nilai Wajar Kapolri Hadiri May Day Fiesta 2022

Jakarta, CNN Indonesia

Partai Buruh menganggap wajar kehadiran Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam perayaan May Day Fiesta 2022 di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Sabtu (14/5).

“Wajar, Kapolri hadiri perayaan May Day. Besarnya jumlah peserta yang datang dari berbagai daerah di tiga provinsi menjadi alasan logisnya,” ujar Kepala Badan Pengkajian Strategis Kepesertaan dan Pemenangan Partai Buruh Said Salahudin dalam keterangan resminya, Minggu (15/5).

Said juga menganggap Listyo memberikan sambutan karena memang perlu memberikan apresiasi kepada para buruh yang telah menjaga keamanan dan ketertiban acara sekalipun jumlahnya puluhan ribu orang.

“Beliau juga datang dalam rangka menyampaikan ucapan selamat Hari Buruh Internasional serta menjelaskan kontribusi buruh terhadap pembangunan ekonomi Indonesia, khususnya dari aspek keamanan,” tutur Said.

Secara tersirat, ia membaca kehadiran Kapolri juga sebagai bentuk penghormatan kepada pimpinan buruh, seperti Presiden Partai Buruh sekaligus Presiden KSPI Said Iqbal dan Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea yang menunjukkan komitmen mengurangi jumlah peserta May Day Fiesta.

Kurang lebih 65.000 buruh menghadiri gelaran tahunan buruh kemarin. Jumlah tersebut sudah dikurangi dari awalnya 170.000 buruh karena permintaan kepolisian dan Satgas Covid.

Dalam acara itu, Listyo menyampaikan orasi. Tak hanya itu, ia juga memimpin massa buruh menyanyikan lagu “Bagimu Negeri”.

“Mungkin untuk mewujudkan kecintaan kita pada negeri kita, apakah saya boleh memimpin rekan-rekan untuk menyanyikan satu lagu perjuangan kita? Kalau setuju, mari rekan-rekan berdiri semua,” ujar Listyo di hadapan massa buruh.

Massa buruh kemudian tampak ikut berdiri dan bernyanyi bersama kala lagu “Bagimu Negeri” menggema di stadion GBK.

Dalam pidatonya, Listyo mengatakan buruh berperan penting dalam pemulihan ekonomi nasional pascapandemi Covid-19 dua tahun terakhir. Ia menyebutkan, ekonomi Indonesia saat ini mulai pulih di atas 5 persen.

Baca Juga :  Bule Telanjang di Pohon Sakral Bali Menyerahkan Diri dan Minta Maaf

Menurutnya, pertumbuhan angka tersebut bahkan jauh di atas negara-negara maju. Listyo pun menegaskan pertumbuhan tersebut tak lepas dari peran buruh. Mewakili pemerintah, ia mengucapkan terima kasih kepada buruh.

(pop/has)

[Gambas:Video CNN]