PDIP Tak Ingin Pj Gubernur Gantikan Anies dari TNI-Polri

Jakarta, CNN Indonesia

Anggota Komisi II Fraksi DPR PDIPJunimart Girsang meminta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian tidak menunjuk pengganti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dari TNI-Polri. Diketahui, Anies kadaluarsa tahun ini.

Junimart juga meminta Tito berbicara kepada publik bahwa dirinya tidak akan mengangkat Pj Gubernur DKI dari TNI atau Polri.

“Bahkan pada periode sebelumnya ada yang bukan ASN atau ada yang dari TNI dan Polri yang bisa, sekarang tidak bisa kan,” kata Junimart dalam pertemuan dengan Tito di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/5). /4).

Junimart menjelaskan bahwa Pj. Gubernur dipilih dari ASN yang memangku jabatan pimpinan tinggi atau sederajat dengan eselon I.

Hal tersebut telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada dan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum, Pengesahan Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Menurut Junimart, Tito tidak perlu khawatir berbicara ke publik soal penunjukan pengganti kepala daerah. Perlu upaya agar isu tersebut tidak menjadi bola liar.

“Kita butuh penyataan ini Pak Menteri, dan memang cukup lebih untuk itu. Sehingga tidak menjadi bola liar,” ujarnya.

Junimart mengatakan pada Oktober 2024 akan ada tujuh gubernur, 71 bupati, dan 18 walikota yang masa jabatannya telah habis.

Dari tujuh provinsi tersebut, beberapa di antaranya adalah DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Barat, hingga Aceh. Sedangkan sisanya akan menyusup pada tahun 2023.

(thr/bmw)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Manajemen belum mengkonfirmasi bahwa Tunjungan Plaza akan dibuka besok setelah kebakaran