Pemerintah Bebaskan 5.000 Ongkos Angkutan Motor Bagi Pemudik via Kereta Api

Jakarta, CNN Indonesia

Pemerintah memberikan layanan angkutan sepeda motor (motis) gratis bagi warga yang pulang menggunakan kereta api ketika Idul Fitri Tahun ini. Layanan tersebut bertujuan untuk mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri mengatakan pemerintah akan memberikan layanan angkutan sepeda motor gratis sebanyak 5.000 unit.

“Sebagai gambaran, kira-kira dari sebelumnya kapasitas 19 ribu sepeda motor yang kami angkut, sekarang mungkin sekitar 5.000 sepeda motor. Armada kami juga menggunakan lokomotif, jadi juga digunakan untuk mengantisipasi penumpang,” kata Zulfikri, Jumat (8/4). ). .

Nantinya, pengguna program motis hanya diperuntukan bagi pengguna kereta api. Meski harus membayar tiket dengan harga normal, pengguna bisa mengantar sepeda motornya ke tempat tujuan tanpa biaya tambahan.

“Jadi penumpang kami angkut menggunakan kereta api dan motornya gratis. Ini cukup menarik setiap tahun pada saat normal,” lanjutnya.

Soal rute, Zulkifri mengatakan angkutan sepeda motor gratis bisa dinikmati penumpang KA tujuan Jateng lintas selatan. Dipilih karena diprediksi banyak pemudik yang akan melewati jalur ini.

“Karena ini jalur selatan favorit, mungkin akan kita potong. Jadi kita tidak akan sampai ke Jatim (Jawa Timur) kalaupun mungkin hanya satu yang ke Jatim, tidak semuanya sampai ke Jatim,” kata Zulkifri. .

Diketahui, jumlah pemudik yang menggunakan KA saat Lebaran tahun ini diprediksi mencapai 7,6 juta orang atau sekitar 10 persen dari total prediksi pemudik.

Prediksi pemudik yang menggunakan kereta api juga meningkat dibandingkan tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19 melanda Tanah Air. Pada 2019, hanya 6,85 juta pemudik yang menggunakan kereta api.

(cfd/bmw)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  2,3 Juta Orang Diprediksi Mudik Lebaran ke Sumut