Penampakan Bangkai Paus 20 Meter Terdampar di Sampang

Jakarta, CNN Indonesia

Sejumlah nelayan di Kecamatan Camplong, PernisJawa Timur, laporkan temuan bangkai paus tipe bungkuk dengan panjang 20 meter. Para nelayan menemukan bangkai ikan paus mengambang di perairan dangkal wilayah setempat.

Laporan tersebut diterima Kepala Polairud Polres Sampang Iptu Catur Rahardjo dan langsung mengerahkan sejumlah personel untuk turun ke lokasi. Alhasil, setelah diselidiki, sosok paus tersebut ternyata adalah bangkai.

“Laporan itu datang dari nelayan, namun untuk turun ke lokasi kami berkoordinasi dengan pihak terkait untuk segera mengevakuasi bangkai,” kata Catur dalam keterangan tertulis, Selasa (30/3).

Proses evakuasi, kata dia, akan melibatkan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimcam) Camplong, antara lain Polsek, Koramil, BPBD, dan Dinas Perikanan.

Menurut Chess, bangkai paus itu dalam kondisi busuk. Paus itu diperkirakan telah mati sebulan yang lalu. Sedangkan untuk proses penguburan, pihak berwenang tidak mengarahkan paus ke bibir pantai. Paus itu ditinggalkan di tengah laut, namun terseret dan tenggelam.

“Setelah ditenggelamkan, jenazah di bawah akan membusuk, sehingga Paus bisa memakannya,” ujarnya.

Penyebab kematian Paus belum diketahui. Namun, polisi dalam kejadian ini akan melaporkan dan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan instansi terkait.

(nrs/ain)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Era Andika Perkasa, Tiga Danjen Kopassus Berganti dalam 4 Bulan