Pengumuman SPAN PTKIN 2022: 73.944 Siswa Lulus

Jakarta, CNN Indonesia

Hasil Seleksi Nasional Berprestasi (SPAN) di Kampus Agama Islam Negara (PTKIN) Tahun 2022 telah diumumkan hari ini, Jumat (15/4) pukul 14.00 WIB.

Dari hampir dua ratus ribu siswa yang mengikuti seleksi, hanya 73.944 siswa yang lulus. Hasil seleksi ini tertuang dalam Surat Nomor B-130/SPAN-UM/IV/2022 tentang Akses Pengumuman Hasil SPAN-PTKIN Tahun 2022.

“Hari ini panitia mengumumkan ada 73.944 mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi SPAN-PTKIN 2022,” kata Ketua SPAN UM PTKIN Imam Taufiq dalam keterangan resminya, Jumat (15/4).

Peserta dapat mengecek kelulusan di web https://pengumuman.span-ptkin.ac.id. Siswa dapat memasukkan NISN mereka untuk melihat pengumuman.

Menurut Imam, peserta yang lulus harus mendaftar atau mendaftar ulang di PTKIN tempat diterimanya sesuai jadwal PTKIN masing-masing.

“Peserta yang telah lolos seleksi namun tidak melakukan proses registrasi ulang sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh masing-masing PTKIN, dinyatakan tidak lulus atau mengundurkan diri,” ujarnya.

Imam menjelaskan, minat calon mahasiswa untuk masuk PTKIN sangat tinggi. Tahun ini, ada 172.971 siswa yang mengikuti SPAN-PTKIN dari 10.927 sekolah.

Pelamar diberikan kesempatan untuk memilih dua PTKIN yang diminati. Pada setiap PTKIN pilihannya, mereka dapat memilih dua program studi atau program studi. Urutan pilihan PTKIN dan program studi yang dipilih menjadi prioritas pilihan.

“Peningkatan pendaftar merupakan salah satu indikator tingginya animo masyarakat untuk memilih PTKIN sebagai tempat studi. Dalam konteks itu, kami melakukan beberapa terobosan baru,” kata Imam.

SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penyaringan prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan prestasi lainnya dalam bentuk portofolio tanpa ujian tertulis.

Tahun ini SPAN PTKIN diikuti oleh 59 kampus yang terdiri dari 58 PTKIN atau seluruh UIN/IAIN/STAIN dan 1 Fakultas Agama Universitas Singaperbangsa Karawang. Pada SPAN 2022, ada 1.149 Program Studi IPS yang ditawarkan, dan 109 Program Studi IPA.

Baca Juga :  Kasus Covid di RI Bertambah 318 Hari Ini, Meninggal 12

Berikut lima PTKIN dengan pendaftar terbanyak:

1. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
2. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
3. UIN Sunan Gunung Djati Bandung
4. UIN Walisongo Semarang
5. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Berikut lima prodi dengan pendaftar terbanyak:

1. Ekonomi Syariah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
2. Pengelolaan Keuangan Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
3. Perbankan Syariah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
4. Manajemen Keuangan Syariah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
5. Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

(rzr / fra)

[Gambas:Video CNN]