Polisi Bantah Pengendara Sempat Blokir Tol Cipularang Arah Jakarta

Jakarta, CNN Indonesia

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Barat, Kombes Romin Thaib membantah pengendara memblokir jalan di Tol Cipularang arah Jakarta pagi ini, Jumat (29/4).

Menurutnya, sejumlah pemudik itu turun dari kendaraan di KM 70 lantaran harus menunggu pembukaan jalan menuju ke Jakarta karena skema one way (satu arah) tengah diberlakukan dari KM 47 sampai KM 70 di pagi hari — kemudian diubah dari Gerbang Tol Cikampek Utama. 

Ia menyebut, jadwal one way sempat berubah, dari semula pintu tol ke arah Jakarta dibuka pukul 24.00 WIB, ditunda menjadi pukul 08.30 WIB. 

“Enggak ada [pemblokiran jalan tol ke arah Bandung]. Enggak ada. Dia mau ke arah jakarta. Nunggu. Namanya nunggu,” kata Romin saat dikonfirmasi, Jumat (29/4).

“Karena pasti kan ada yang turun dari mobil nggak pasti di dalam mobil. Nunggu waktu kapan ke arah jakarta bisa dibuka,” imbuhnya.

Romin menjelaskan perubahan jadwal one way situasional bergantung kepada volume kendaraan. Ia berkata, volume kendaraan yang meninggalkan Jakarta lebih banyak ketimbang yang masuk.

“Pelaksanaan penundaan itu karena pertimbangan karena volume lalin yg ke arah Jawa sangat tinggi. Makanya kita adakan penundaan waktu,” jelas dia.

Selain itu, ia menyebut, kondisi lalu lintas ke arah Jawa pada pukul 24.00 malam tadi masih tinggi dan baru mulai terurai pukul 03.30 dini hari.

“Maka pimpinan lihat kita perpanjangan dulu sampai lihat situasi perkembangan arus lalin,” ucap dia.

Pihaknya pun meminta maaf kepada warga yang merasa terganggu karena keputusan itu diambil untuk kebaikan bersama.

“Pimpinan semuanya kami mohon maaf apabila masyarakat merasa terganggu tapi kami yakin karena ada kebangkitan arus yang sangat tinggi lah yang membuat kita menunda sementara dan baru kita laksanakan di pagi hari itu,” ucapnya.

Baca Juga :  Yana Mulyana Dilantik sebagai Walikota Bandung 18 April

Sebelumnya, sejumlah pemudik memblokir jalan di Tol Cipularang arah Bandung. Pemblokiran itu sempat viral di media sosial.

Dalam video itu, sejumlah pemudik yang hendak menuju Jakarta turun dari kendaraannya untuk memblokir jalan ke arah sebaliknya, Bandung pagi ini, Jumat (29/4). Mereka kesal lantaran harus menunggu gerbang tol ke arah Jakarta tak kunjung dibuka.

Dea, salah seorang warga yang berada di lokasi mengungkapkan para pengendara telah terjebak selama sekitar enam jam sejak pukul 02.00 WIB.

Dea mengaku kendaraannya tak bergerak sejak berada di KM 70 pada pukul 01.00 WIB dini hari tadi. Mobilnya sempat berjalan hingga KM 80 pada pukul 02.00 WIB namun kembali tersendat hingga pukul 08.00 WIB.

(yla/vws)

[Gambas:Video CNN]