Polisi Sebut Penembakan Pesawat Sam Air di Nduga Papua Dilakukan KKB

Jakarta, CNN Indonesia

Aparat kepolisian menyebut Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau OPM kembali melakukan aksi penembakan terhadap pesawat milik Sam Air yang mendarat Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa (7/6).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan aksi penembakan tersebut terjadi pada saat pesawat dengan rute Penerbangan Wamena – Nduga sedang mendarat di Bandara Kenyam sekitar pukul 10.50 WIT.

Ia menjelaskan penembakan dilakukan oleh KKB saat petugas hendak membongkar muatan logistik sembako yang dibawa dari Wamena. Menurutnya, tembakan tersebut diarahkan secara langsung oleh KKB kepada pilot dan badan pesawat yang sedang diparkir.

“Saat kondisi pesawat mati petugas langsung membuka pintu bagasi dan kedua pilot masih dalam pesawat. Tiba-tiba dari arah Alguru (Kali Kenyam) pihak KKB melakukan penembakan ke arah pesawat tepat sasaran pada pilot,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (7/6).

Selama peristiwa tersebut, kata Kamal, kurang lebih ada 15 tembakan yang dilepaskan oleh KKB ke arah Bandara Kenyam. Akibat insiden tersebut, sejumlah bagian seperti ban depan, tanki bahan bakar, dan badan pesawat mengalami kerusakan.

Kendati demikian, Kamal memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Petugas gabungan juga telah berhasil mengamankan Pilot dan Co-Pilot yang ditembaki oleh KKB.

“Mendengar tembakan itu tim gabungan TNI-Polri langsung mendatangi TKP dan mengamankan Pilot atas nama M Farhan Fachri dan Co-Pilot an. Reza Ariestha Ragainaga ke Polres Nduga,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kamal mengklaim saat ini Bandara Kenyam sudah berhasil diamankan oleh petugas gabungan yang ada. Selain itu, Pilot dan Co-Pilot Sam Air juga telah dievakuasi menuju Kabupaten Jayapura menggunakan Pesawat Twinotter Sam Air pada pukul 15.30 WIT.

Baca Juga :  Polisi Duga Ada Kelalaian dalam Kebakaran Pabrik Tiner di Tangerang

Meski begitu, Kamal mengatakan, pihaknya masih akan mendalami motif serangan yang telah dilakukan KKB kepada masyarakat sipil tersebut.

“Jelas sasaran mereka adalah pihak aparat dan masyarakat. Perkembangan selanjutnya nanti akan kami laporkan kembali,” jelasnya.

Insiden penembakan di sejumlah wilayah Papua masih terus terjadi dalam beberapa bulan terakhir. Penembakan terakhir terjadi pada Jumat 27 Mei 2022.

Satgas Ops Damai Cartenz mengklaim telah menembak mati satu anggota KKB Lerinus Murib dalam kontak senjata di sekitar Lapangan Trikotra Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

Kontak senjata itu terjadi saat personel Satgas tengah melakukan patroli di sekitar lapangan tersebut yang sedang melaksanakan kegiatan bakar batu.

“Benar ada satu anggota KKB yang meninggal dunia, yakni atas nama Lerinus Murib. Anggota KKB pimpinan Bumunggur dan Titus Murib,” ujar Kamal (30/5).

(tfq/isn)

[Gambas:Video CNN]